PANCA PRASANNA BUDDHI WALARKAKARA, . (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI UNJ PRESS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas pentingnya komunikasi interpersonal antara pimpinan dan pegawai dalam meningkatkan kinerja pegawai di UNJ Press, sebuah lembaga penerbitan di Universitas Negeri Jakarta. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa meskipun komunikasi interpersonal memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja pegawai di UNJ Press, masih terdapat kendala seperti miskomunikasi terkait tenggat waktu dan perbedaan antara pimpinan dan pegawai dalam memahami permintaan klien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana komunikasi interpersonal dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam proses penerbitan buku di UNJ Press. Dalam landasan teori, penelitian ini mengacu pada teori Leader–Member Exchange (LMX) yang menekankan hubungan antara pimpinan dan pegawainya terbentuk khusus. Selain itu, penelitian ini menggunakan model komunikasi interpersonal menurut Joseph A. Devito yang terdiri dari enam dimensi: source receiver, messages, channel, noise, context, dan ethics. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan wawancara. Wawancara mendalam dilakukan dengan empat informan yang telah ditentukan dengan purposive sampling yaitu satu pimpinan dan empat pegawai UNJ Press kemudian observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data dengan confirmability dan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kendala dalam tiap dimensi komunikasi interpersonal, seperti ketidaksesuaian pesan yang diberikan pimpinan dengan kebutuhan pegawai, kurangnya kejelasan dalam instruksi kerja, serta hambatan komunikasi akibat gangguan teknis maupun lingkungan kerja. Namun, dimensi context menunjukkan bahwa lingkungan kerja yang terbuka di UNJ Press memberikan peluang komunikasi yang efektif antara pegawai dan pimpinan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi interpersonal yang baik dapat meningkatkan kinerja pegawai, tetapi masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Disarankan agar pimpinan memberikan instruksi yang lebih jelas, membangun sistem koordinasi yang lebih terstruktur, serta menyediakan ruang untuk umpan balik yang konstruktif. Dengan demikian, komunikasi interpersonal yang efektif dapat mendukung kelancaran proses penerbitan buku dan meningkatkan kinerja pegawai di UNJ Press This study discusses the importance of interpersonal communication between leaders and employees in improving employee performance at UNJ Press, a publishing institution at the Universitas Negeri Jakarta. The background of the study shows that although interpersonal communication has an important role in improving employee performance at UNJ Press, there are still obstacles such as miscommunication related to deadlines and disagreements between leaders and employees in understanding client requests. Therefore, this study aims to understand how interpersonal communication can improve employee performance in the book publishing process at UNJ Press. In theory, this research refers to the Leader–Member Exchange (LMX) theory which emphasizes that the relationship between leaders and employees is specially formed. In addition, this study uses an interpersonal communication model according to Joseph A. Devito which consists of six dimensions: source-receiver, messages, channel, noise, context, and ethics. The paradigm used in this study uses the constructivism paradigm and uses a qualitative research method with a data collection method with interviews. Data was collected through in-depth interviews with four informants who had been determined by purposive sampling, namely one leader and four UNJ Press employees, then observation and documentation. This study uses data validity techniques with confirmability and uses source triangulation. The results of the study show that there are several obstacles in each dimension of interpersonal communication, such as inconsistencies between the messages given by the leader and the needs of employees, lack of clarity in work instructions, and communication barriers due to technical disturbances and the work environment. However, the context dimension shows that the open work environment at UNJ Press provides more effective communication opportunities between employees and leaders. The conclusion of this study confirms that good interpersonal communication can improve employee performance, but there are still some aspects that need to be improved. It is recommended that leaders provide clearer instructions, build a more structured coordination system, and provide space for constructive feedback. Thus, effective interpersonal communication can support the smooth book publishing process and improve employee performance at UNJ Press
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, S.Sos., M.Si. 5. Dr. Wiratri Anindhita, M.Sc. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Panca Prasanna Buddhi Walarkakara . |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 06:41 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 06:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |