PENGEMBANGAN PELIPUR LARA SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN UNTUK MEMELIHARA FUNGSI KOGNITIF DAN FUNGSI SOSIAL LANSIA

ANDINA ASDIANI RIHANDITA, . (2025) PENGEMBANGAN PELIPUR LARA SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN UNTUK MEMELIHARA FUNGSI KOGNITIF DAN FUNGSI SOSIAL LANSIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan pada diri lansia dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan fungsi sosial lansia. Salah satu peran pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan lansia yaitu mengadakan program sekolah lansia. Namun sekolah lansia masih memiliki variasi media pembelajaran yang terbatas. Maka dengan itu peneliti tertarik untuk melakukan pengembangan media berbasis permainan untuk memelihara fungsi kognitif dan fungsi sosial lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media penyuluhan yaitu permainan Pelipur Lara. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini terdapat pembatasan penelitian terhadap tahapan pengembangan hanya sampai dengan tahap development. Responden pada penelitian ini terdiri satu orang ahli materi, satu orang ahli media, tiga pengguna uji perorangan dan sembilan pengguna uji kelompok kecil yang bertujuan untuk penilaian terhadap kelayakan media. Berdasarkan hasil penilaian terhadap kelayakan oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 100% sedangkan oleh ahli media mendapatkan nilai sebesar 89%. Untuk penilaian kelayakan media berdasarkan hasil uji perorangan memperoleh nilai rata-rata sebesar 88% dan untuk uji kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 97% sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pelipur Lara layak digunakan.*****Changes in the elderly can cause a decline in cognitive function and social function of the elderly. One of the government's roles in improving the welfare of the elderly is to hold an elderly school program. However, elderly schools still have a limited variety of learning media. Therefore, researchers are interested in developing game-based media to maintain the cognitive function and social function of the elderly. This research aims to develop counseling media, namely a soothing game. The research method used in this study is Research and Development (R&D) using the ADDIE development model. In this study, there are research restrictions on the development stage only up to the development stage. The respondents in this study consisted of one material expert, one media expert, three individual test users and nine small group test users who aimed to assess the feasibility of the media. Based on the results of the assessment of the feasibility by material experts, it gets a score of 100% while by media experts it gets a score of 89%. For the assessment of the feasibility of the media based on the results of the individual test, the average score was 88% and for the small group test, the score was 97%, so it can be concluded that the consolation media is suitable for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hurriyyatun Kabbaro, S.Si., M.Si. ; 2). Mulyati, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 26890 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:07
Last Modified: 27 Feb 2025 02:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53634

Actions (login required)

View Item View Item