Gaya Belajar Siswa Berprestasi pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Jakarta

ANNISA PUJI RAHAYU, . (2025) Gaya Belajar Siswa Berprestasi pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover - Daftar Isi.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB 2 Kajian Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan gaya belajar siswa berprestasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik stastistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa mayoritas gaya belajar siswa berprestasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Jakarta adalah gaya belajar visual, karena siswa merasa lebih mudah untuk memahami materi pelajaran IPS dengan melihat gambar atau video pembelajaran dan mencatat atau merangkap materi pelajaran IPS. Sedangkan, gaya belajar kinestetik adalah gaya belajar yang tidak banyak digunakan oleh siswa berprestasi. Selain itu, siswa berprestasi juga memiliki kecenderungan untuk mengkombinasikan gaya belajar secara individual. Gaya belajar dominan yang dipilih oleh siswa berprestasi adalah gaya belajar kombinasi visual dan kinestetik, karena siswa merasa lebih mudah bagi siswa untuk memhami materi pelajaran IPS dengan gaya belajar kombinasi visual dan kinestetik dibadingkan dibandingkan dengan gaya belajar auditorial. Kata Kunci: Gaya belajar, Siswa Berprestasi, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Dian Alvia Wulandari,M.Si. 2)Nandi Kurniawan, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 26834 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:12
Last Modified: 26 Feb 2025 07:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53654

Actions (login required)

View Item View Item