PENGEMBANGAN KARIR DOSEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR

FURQON SYARIEF HIDAYATULLOH, . (2020) PENGEMBANGAN KARIR DOSEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan karir dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Pertanian Bogor (IPB). Penelitian dilaksanakan sejak bulan September 2018 sampai dengan April 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam (in-depth interview) dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, analisis dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, penyelenggaraan PAI di IPB disamping memenuhi amanat undang-undang dan peraturan lainnya terkait kurikulum inti pendidikan tinggi, juga merupakan suatu kebutuhan dalam upaya mewujudkan sumberdaya manusia (mahasiswa) yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, serta menjadi landasan dan acuan dalam berfikir, bersikap dan berprilaku mereka dalam pengembangan keilmuan dan profesinya serta hidup kesehariannya. Kedua, Standar dosen PAI di IPB, disamping harus memiliki kualifikasi akademik minimal magister (S2), memiliki sertifikat pendidik, dan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan kompetensi keagamaan, juga harus mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar, memahami ajaran Islam dengan benar dan komprehenshif, memiliki semangat dakwah (menyampaikan ajaran Islam), fikroh dan harakah keagamaannya lurus tidak menyimpang dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, tidak memiliki sikap dikhotomi dan sekuler, tidak terindikasi dan/atau pengikut aliran sesat dan menyesatkan, berakhlak baik, melaksanakan shalat fardhu secara berjamaah, tidak anti demokrasi dan politik, serta bersedia mengikuti pembinaan rutin (halaqoh). Ketiga, Pembinaan dan pengembangan mutu dosen PAI di IPB berpijak dari kebijakan mengembangkan kemampuan profesional ketenagaan (dosen) serta pengembangan kepribadian guna meningkatkan mutu layanan akademik dan non akademik. Tekanannya pada peningkatan keahlian, perluasan wawasan terutama terkait keilmuan berbasis keislaman dan keilmuan departemen, pembinaan spirit ilmiah dan spirit menjalankan misi keagamaaan (dakwah). Adapun program utama pengembangan mutu dosen PAI di IPB antara lain: (1) program latihan prajabatan (prajab); (2) studi lanjut gelar dan non gelar; (3) pertemuan-pertemuan ilmiah; (4) pelatihan-pelatihan; seperti Training Multi Media Pembelajaran on Digital, Training Manajemen Data Base dan Analisa Data, Training Penulisan Proposal dan Drafting Paten dan Hak Cipta, Training Tim Penilai Karya Ilmiah dan Tim Penilai Angka Kredit on Digital, Training Penulisan Karya Ilmiah on Meta Analysia,Training Leadership (Coaching for Excellence), dan Training DUPAK online; (5) workshop dan lokakarya; (6) bimbingan dan pembinaan oleh dosen senior; (7) sertifikasi, (8) penugasan-penugasan. Keempat, Pengembangan karir dosen PAI di IPB dilaksankan berdasarkan sistem prestasi kerja. Jenjang karir jabatan akademik dosen PAI (PNS) terdiri atas : (1) Asisten Ahli (AA), (2) Lektor (L), (3) Lektor Kepala (LK), dan (4) Guru Besar (Profesor). Adapun strategi pengembangannya meliputi : (1) Departemenisasi (homebase departemen); (2) penempatan di divisi; (3) studi lanjut gelar (program doktor berbasis keilmuan departemen); (4) pemberian dana pengembangan.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Suryadi ; 2.) Prof. Dr. Thamrin Abdullah, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 1824 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2020 15:27
Last Modified: 24 Mar 2020 15:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item View Item