PENGARUH PENGGUNAAN BUKU SAKU BIOLOGI BERBASIS MIND MAP (BIOMAP) SEBAGAI SUPLEMEN SUMBER BELAJAR MANDIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN LITERASI SAINS SISWA SMA DALAM KONTEKS BIOLOGI PADA MATERI FUNGI

NAILI NOERMILAH, NN (2020) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU SAKU BIOLOGI BERBASIS MIND MAP (BIOMAP) SEBAGAI SUPLEMEN SUMBER BELAJAR MANDIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN LITERASI SAINS SISWA SMA DALAM KONTEKS BIOLOGI PADA MATERI FUNGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVERr.pdf

Download (287kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (750kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)

Abstract

NAILI NOERMILAH. Pengaruh Penggunaan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (BIOMAP) sebagai Suplemen Sumber Belajar Mandiri terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Literasi Sains Siswa SMA dalam Konteks Biologi pada Materi Fungi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2020. Di bawah bimbingan ADE SURYANDA dan EKA PUTRI AZRAI. Penggunaan sumber belajar pokok tanpa adanya suplemen sumber belajar membuat siswa menjadi pembaca pasif dan cenderung menghadirkan kesan monoton dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan kurang optimalnya perkembangan kemampuan membaca pemahaman dan literasi sains siswa. Salah satu upaya yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan literasi sains yaitu dengan penggunaan buku saku biologi berbasis mind map (BIOMAP) sebagai suplemen sumber belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku saku biologi berbasis mind map (BIOMAP) sebagai suplemen sumber belajar mandiri terhadap kemampuan membaca pemahaman dan literasi sains siswa SMA dalam konteks biologi pada materi fungi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Cibinong pada bulan Oktober s.d. November 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 140 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan, data berdistribusi normal dan homogen, serta variabel terikat saling berkorelasi sangat kuat. Berdasarkan uji hipotesis mayor penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku saku biologi berbasis mind map (BIOMAP) sebagai suplemen sumber belajar mandiri terhadap kemampuan membaca pemahaman dan literasi sains siswa SMA dalam konteks biologi pada materi fungi. Kata kunci: biomap, kemampuan membaca pemahaman, literasi sains

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si. 2). Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 965 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 18:47
Last Modified: 07 Apr 2020 18:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item View Item