NAILI NOERMILAH, NN (2020) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU SAKU BIOLOGI BERBASIS MIND MAP (BIOMAP) SEBAGAI SUPLEMEN SUMBER BELAJAR MANDIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN LITERASI SAINS SISWA SMA DALAM KONTEKS BIOLOGI PADA MATERI FUNGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVERr.pdf Download (287kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf Download (211kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (750kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (322kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (357kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (519kB) |
Abstract
NAILI NOERMILAH. Pengaruh Penggunaan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (BIOMAP) sebagai Suplemen Sumber Belajar Mandiri terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Literasi Sains Siswa SMA dalam Konteks Biologi pada Materi Fungi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2020. Di bawah bimbingan ADE SURYANDA dan EKA PUTRI AZRAI. Penggunaan sumber belajar pokok tanpa adanya suplemen sumber belajar membuat siswa menjadi pembaca pasif dan cenderung menghadirkan kesan monoton dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan kurang optimalnya perkembangan kemampuan membaca pemahaman dan literasi sains siswa. Salah satu upaya yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan literasi sains yaitu dengan penggunaan buku saku biologi berbasis mind map (BIOMAP) sebagai suplemen sumber belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku saku biologi berbasis mind map (BIOMAP) sebagai suplemen sumber belajar mandiri terhadap kemampuan membaca pemahaman dan literasi sains siswa SMA dalam konteks biologi pada materi fungi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Cibinong pada bulan Oktober s.d. November 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 140 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan, data berdistribusi normal dan homogen, serta variabel terikat saling berkorelasi sangat kuat. Berdasarkan uji hipotesis mayor penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku saku biologi berbasis mind map (BIOMAP) sebagai suplemen sumber belajar mandiri terhadap kemampuan membaca pemahaman dan literasi sains siswa SMA dalam konteks biologi pada materi fungi. Kata kunci: biomap, kemampuan membaca pemahaman, literasi sains
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si. 2). Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 965 not found. |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 18:47 |
Last Modified: | 07 Apr 2020 18:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5373 |
Actions (login required)
View Item |