RESTI NUGRAHANING WIDHI, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SDN KENARI 07 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (874kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat, terutama pada aspek kognitif peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA, khususnya materi organ pernapasan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pelaksanaan dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 32 peserta didik (17 laki-laki dan 15 perempuan). Data diperoleh dari tes, observasi aktivitas guru dan keaktifan peserta didik, serta angket persepsi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada pra siklus diperoleh rata-rata sebesar 50,2 meningkat menjadi 65,8 pada siklus I dan 80,42 pada siklus II. Hasil observasi aktivitas guru juga meningkat pada siklus I diperoleh 72,6 menjadi 84,6 pada siklus II. Observasi keaktifan peserta didik pada siklus I diperoleh 68,3 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,6. Persepsi peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan rata-rata sebesar 67,28 dan meningkat menjadi 80,43 pada siklus II. Dengan demikian, model PBL terbukti signifikan dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik. Guru disarankan untuk menerapkan model ini guna meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran. ***** This study was motivated by the low learning outcomes of students in science subjects in class V-A SDN Kenari 07 Central Jakarta, especially in the cognitive aspects of students who have not reached the Learning Objective Achievement Criteria (KKTP) of 70. This study aims to improve science learning outcomes, especially respiratory organ material through the Problem Based Learning (PBL) learning model. This research is a Classroom Action Research (PTK) with the implementation of two cycles, each cycle consisting of three meetings. The subjects in this study were students of class V-A SDN Kenari 07 Central Jakarta, totaling 32 students (17 boys and 15 girls). Data were obtained from tests, observations of teacher activity and learner activeness, and a questionnaire of learner perceptions. The results showed that the application of PBL learning model can improve students' learning outcomes. In the pre-cycle, the average obtained was 50.2 which increased to 65.8 in cycle I and 80.47 in cycle II. The results of teacher activity observations also increased in cycle I obtained 72.6 to 84.6 in cycle II. Observation of learner activeness in cycle I obtained 68.3 and increased in cycle II to 81.6. Students' perceptions increased in cycle I with an average of 67.28 and increased to 80.43 in cycle II. Thus, the PBL model proved significant in improving students' science learning outcomes. Teachers are advised to apply this model to increase students' involvement and understanding in learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Resti Nugrahaning Widhi . |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:09 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |