MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN PEMBALUT PADA SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VII-C1 DI SLBN 12 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE SIMULASI

BELLA NURVITA SARI, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN PEMBALUT PADA SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VII-C1 DI SLBN 12 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE SIMULASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dengan  hambatan intelektual dalam menggunakan pembalut secara mandiri dan benar.  Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-CI di SLB Negeri 12 Jakarta. Metode  yang digunakan adalah simulasi dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK).  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan model Kemmis dan  McTaggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan  refleksi. Setiap siklus berlangsung dalam lima pertemuan. Pengumpulan data  dilakukan melalui observasi, tes kinerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan siswa menggunakan,  membersihkan, dan membuang pembalut dengan benar. Pada Siklus I, rata-rata  kemampuan siswa mencapai 64% dengan kategori “Cukup”, artinya dari lima  belas langkah penggunaan pembalut dihasilkan enam langkah masih memerlukan  bantuan penuh dari guru dan sembilan langkah lainnya memerlukan bantuan  minimal, sehingga masih diperlukan perbaikan. Pada Siklus II, rata-rata  meningkat menjadi 87,3% dengan kategori “Baik”, artinya dari lima belas langkah  penggunaan pembalut dihasilkan dua belas langkah masih memerlukan bantuan  minimal dan tiga langkah lainnya sudah bisa melakukannya secara mandiri. Seluruh siswa berhasil mencapai target keberhasilan minimum sebesar 69%,  sehingga penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Hasil ini  membuktikan bahwa metode simulasi efektif dalam meningkatkan kemandirian  siswa dalam menggunakan pembalut hingga membuangnya dengan benar. ***** This study aimed to improve the ability of students with intellectual disabilities to  use sanitary pads independently and correctly. The research subjects were Grade  VII-C1 students at SLB Negeri 12 Jakarta. The method employed was simulation  within a classroom action research (CAR) design. The study was conducted in two  cycles using the Kemmis and McTaggart model, which consists of the planning,  implementation, observation, and reflection stages, with each cycle lasting five  sessions. Data were collected through observation, performance tests, and  documentation. The results indicate an improvement in the students’ abilities to  use, clean, and dispose of sanitary pads correctly. In Cycle I, the average student  ability reached 64% categorized as “Sufficient”, meaning that out of fifteen steps  for using a sanitary pad, six steps required full teacher assistance and nine steps  required only minimal assistance, indicating that further improvement was  needed. In Cycle II, the average increased to 87.3% categorized as “Good”,  meaning that out of fifteen steps, twelve steps required only minimal assistance  while three steps were performed independently. All students achieved the  minimum success target of 69%, so the study was not continued into another  cycle. These results demonstrate that the simulation method is effective in  enhancing students’ independence in using and disposing of sanitary pads  correctly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indra Jaya, M. Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M. Sc.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 26904 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2025 06:00
Last Modified: 27 Feb 2025 06:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53767

Actions (login required)

View Item View Item