UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN METODE AUDIOLINGUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KENARI 07

PINASTI PUTRI MAULITA, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN METODE AUDIOLINGUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KENARI 07. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (679kB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil atau Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup (2)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan metode audiolingual dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas III SDN Kenari 07. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas III-A SDN Kenari 07 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berasal dari unjuk kerja dan observasi tindakan guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kuantitatif sederhana dengan menghitung rata-rata ketercapaian dan kualitatif deskriptif untuk menjabarkan hasil dari data kuantitatif yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode audiolingual dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas III-A SDN Kenari 07. Peningkatan dapat terlihat dari besarnya rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu sebesar 69,06 dan pada siklus II meningkat jadi sebesar 74, 46. Adapun data observasi tindakan guru memperoleh nilai sebesar 68% pada siklus I dan meningkat menjadi 87% pada siklus II. Begitu pun pada data observasi tindakan siswa memperoleh nilai sebesar 68% pada siklus I dan meningkat menjadi 86% pada siklus II. Kata Kunci: keterampilan membaca nyaring, metode audiolingual ***** This research was conducted with the aim of describing the implementation of the use of the audiolingual method in improving the reading aloud skills of the 3rd grader at SDN Kenari 07. The research subjects were students in class III-A at SDN Kenari 07, totaling 32 students. The research was conducted in the odd semester of the 2024/2025 academic year. The method used in this research is the classroom action research method using the Kemmis and Mc. Taggart model. This model consists of four steps, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques come from student performance and observation of teacher and student action. Meanwhile, the data analysis technique uses simple quantitative by calculating the average achievement and descriptive qualitative to describe the results of the quantitative data that has been obtained. The results of the research show that the use of the audiolingual method can improve the reading aloud skills of the 3rd grader students at SDN Kenari 07. The improvement can be seen from the average student score in cycle I, which was 69.06 and in cycle II it increased to 74.46. The teacher action observation data obtained a score of 68% in cycle I and increased to 87% in cycle II. Likewise, in the student action observation data obtained a score of 68% in cycle I and increased to 86% in cycle II. Keyword: Reading aloud skills, audiolingual method

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi. M.Pd.; 2). Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani. M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pinasti Putri Maulita .
Date Deposited: 27 Feb 2025 07:55
Last Modified: 27 Feb 2025 07:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53818

Actions (login required)

View Item View Item