PUTRI ELIZABETH, . (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA KELOMPOK MATA KULIAH STRUKTUR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada Kelompok Mata Kuliah Struktur di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Faktor-faktor yang diteliti terdiri faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi capaian akademik mahasiswa. Pemahaman faktor-faktor ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan prestasi mahasiswa dalam mata kuliah yang berkaitan dengan struktur bangunan. Penelitian ini dilakukan pada semester 121 dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan analisis faktor. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa yang telah menempuh Kelompok Mata Kuliah Struktur sekurang-kurangnya 2 semester terakhir. Teknik analisis yang digunakan bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengukur sejauh mana masing-masing faktor internal dan eksternal mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil nilai faktor internal adalah 59,32%, dengan faktor tertinggi yaitu perhatian mahasiswa sebesar 67,23% dan faktor terendah yaitu kesiapan sebesar 51,69%. Sementara itu, rata-rata nilai faktor eksternal adalah 66,1%, dengan faktor tertinggi berasal dari pengaruh Platform digital sebesar 74,15% dan faktor terendah adalah relasi dosen dengan mahasiswa sebesar 60,59%. Temuan ini menunjukkan bahwa baik faktor internal maupun eksternal berkontribusi terhadap hasil belajar mahasiswa, dengan faktor eksternal memiliki pengaruhi yang lebih besar dibanding faktor internal. Kata Kunci: hasil belajar, faktor internal, faktor eksternal. *****This study aims to identify the factors influencing student learning outcomes in the Structural Course Group within the Building Engineering Education Study Program. The examined factors include internal and external aspects that may affect students' academic achievement. Understanding these factors is expected to serve as a basis for improving learning effectiveness and student performance in courses related to structural engineering. This research was conducted in semester 121 using a descriptive quantitative method factor analysis. Data were collected through questionnaires distributed to students who had taken the Structural Course Group. The analysis technique was used to identify and measure the extent to which internal and external factors influence student learning outcomes. The results indicate that the average score for internal factors is 59.32%, with the highest factor being student attention at 67.23%, while the lowest factor is presentation readiness at 51.69%. Meanwhile, the average score for external factors is 66.1%, with the highest factor being the influence of mass media at 74.15%, and the lowest factor being the relationship between lecturers and students at 60.59%. These findings suggest that both internal and external factors contribute to student learning outcomes, with external factors having a greater influence than internal factors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Anisah, MT ; 2). Dr. M. Agphin Ramadhan, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 26825 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 02:07 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 02:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |