ELI RATNA JUWITA BORU S, . (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SDN KECAMATAN DUREN SAWIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (43)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila kelas IV di SDN Kecamatan Duren Sawit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 25 orang pada kelas eksperimen dan juga siswa kelas IV C yang berjumlah 25 orang pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal esai yang berjumlah 5 soal. Berdasarkan pengolahan data secara statistik dengan uji analisis data menggunakan uji Independent Sample t-Test diperoleh hasil thitung sebesar 2,843 adapun ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 48 adalah sebesar 2,011. Oleh karena itu hasil thitung lebih dari ttabel (2,843 > 2,011), artinya H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas IV di SDN Kecamatan Duren Sawit”. ***** This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning model on students' Higher Order Thinking Skills in learning Pancasila education class IV at SDN Duren Sawit District. This study used an experimental method with a Pretest Posttest Control Group design. The samples used in this study were 25 students of class IV A in the experimental class and 25 students of class IV C in the control class. The instrument used in this study was a written test in the form of essay questions totaling 5 questions. Based on statistical data processing with data analysis tests using the Independent Sample t-Test test, the tcount result is 2,843 while the ttable at the significance level α = 0.05 and dk = 48 is 2,011. Therefore, the t-count result is more than the t-table (2,843>2,011), meaning that H0 is rejected and H1 is accepted, it can be concluded that “There is a positive and significant effect of using the Problem Based Learning (PBL) model on Higher Order Thinking Skills (HOTS) of grade IV students in SDN Duren Sawit District”.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd.; 2). Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 27075 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 01:49 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 01:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |