YOSSI ANDINI, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN KRAMAT JATI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A yang berjumlah 30 siswa dan V B SDN yang berjumlah 31 siswa di Kramat Jati Jakarta Timur. Sehingga total siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 61 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pretest- Posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD. Kesimpulan tersebut ditunjukkan dengan uji-t yang membuktikan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima dan nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yaitu 25,39 > 21,03. ***** This experimental study aims to determine the effect of using audio-visual media on critical thinking skills in social studies learning of grade V elementary school students. The sample in this study were 30 students of grade V A and 31 students of grade V B SDN in Kramat Jati, East Jakarta. So that the total number of students who were sampled in this study was 61 students. Sampling using the Cluster Random Sampling technique. The research design used was an experiment with the form of Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Data collection was carried out by observation analysis using the t-test. The results of this study indicate that there is a significant effect on the use of audio-visual media on critical thinking skills in social studies learning of grade IV elementary school students. This conclusion is shown by the t-test which proves that the significance value is 0.001 <0.05 then H0 is rejected and H1 is accepted and the average posttest value of students' critical thinking skills in the experimental class is higher than the average posttest value of students' critical thinking skills in the control class, which is 25.39> 21.03.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Yustia Suntari, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 26960 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 01:57 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 01:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53870 |
Available Versions of this Item
- PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN KRAMAT JATI. (deposited 28 Feb 2025 01:57) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |