PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN KEBON MANGGIS 01 JAKARTA TIMUR

AJENG NUR RAFIFAH, . (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN KEBON MANGGIS 01 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (735kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca, yakni siswa kelas III Sekolah Dasar. Materi yang diambil dalam penelitian ini adalah teks narasi. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas III SDN Kebon Manggis 01 Jakarta Timur. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat tahap pelaksanaan, yakni perencanaaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, instrument tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Kontekstual dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan data akhir siklus, pada siklus I speserta didik yang masuk diperoleh 37,5%. Presentase ini meningkat pada siklus II yaitu menjadi 84,38%. Berdasrkan data pemantauan tindakan guru dan peserta didik pada siklus I yang masuk kategori baik. Presentase ini meningkat pada siklus II yaitu 93,4% untuk guru dan 80% untuk peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SDN Kebon Manggis 01 Jakarta Timur.***** This research aims to improve reading skills, namely grade III elementary school students. The material taken in this research is narrative text. The subjects of this research were class III students at SDN Kebon Manggis 01, East Jakarta. This Classroom Action Research uses the Kemmis and MC model. Taggart, which in one cycle consists of four implementation stages, namely planning, action, observation and reflection. Data collection was carried out using documentation, test instruments and field notes. The results of this research show that the contextual approach can be used as a learning model to improve reading comprehension skills, especially in learning Indonesian. Based on data from the end of the cycle, in cycle I the number of students who entered was 37.5%. This percentage increased in cycle II to 84.38%. Based on monitoring data, teacher and student actions in cycle I are in the good category. This percentage increased in cycle II, namely 93.4% for teachers and 80% for students. It can be concluded that the learning process using a contextual approach can improve the reading skills of class III students at SDN Kebon Manggis 01, East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1).Dr. Gusti Yarmi, M.Pd; 2).Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 26804 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:03
Last Modified: 28 Feb 2025 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53873

Actions (login required)

View Item View Item