PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DENGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 3 TAMBUN SELATAN

PATRICIA, . (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DENGAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 3 TAMBUN SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan metode Mind Mapping terhadap tingkat kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran sosiologi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping (X) sebagai variabel bebas dan kemampuan kognitif siswa (Y) sebagai variabel terikat. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari-April 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII SMAN 3 Tambun Selatan yang berjumlah 983 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh siswa kelas X IPS 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui sebuah hasil Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Mind Mapping terhadap kemampuan kognitif siswa yang dilihat dari perolehan thitung sebesar 4,336 artinya lebih besar dari ttabel sebesar 1,994 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05). Dengan demikian, disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar sosiologi siswa yang menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dari siswa yang menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab di SMA Negeri 3 Tambun Selatan. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Artinya penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping memberikan peluang bagi siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan kemampuan kognitif siswa, jika dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ***** This study aims to examine the effect of using the Mind Mapping method on students' cognitive abilities in learning sociology class X IPS at SMA Negeri 3 Tambun Selatan. This study uses a quantitative approach with experimental methods with the use of Mind Mapping learning method (X) as the independent variable and students' cognitive abilities (Y) as the dependent variable. The research time was conducted in January-April 2023. The population in this study were all students in grades X, XI, and XII of SMAN 3 Tambun Selatan which amounted to 983 students. The sampling technique used purposive sampling, so that X IPS 2 class students totaling 36 students were obtained as the experimental class and X IPS 3 class students totaling 36 students as the control class. Data collection techniques are done through a Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design results conducted in the experimental class and control class. Data processing and analysis techniques were carried out using SPSS and Microsoft Excel. The results showed that there was an effect of using the Mind Mapping method on students' cognitive abilities. as seen from the acquisition of tcount of 4.336 which is greater than the ttable of 1.994 at the 95% confidence level (α = 0.05). Thus, it is concluded that the average sociology learning outcomes of students who use the Mind Mapping learning method are higher than students who use the lecture and question and answer method at SMA Negeri 3 Tambun Selatan. Thus, it can be concluded that the use of the Mind Mapping learning method has a significant effect on student learning outcomes. This means that the use of the Mind Mapping learning method provides opportunities for students to be actively involved in learning, which ultimately affects the improvement of students' cognitive abilities, when compared to the use of lecture and question and answer methods. Keywords: Cognitive Ability, Learning Method, Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si. ; 2). Devi Septiandini, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 26465 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:52
Last Modified: 03 Mar 2025 02:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53917

Actions (login required)

View Item View Item