MUHAMMAD AQIL RIDWAN, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN SUDIMARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila serta mengetahui efektivitas model pembelajaran Course Review Horay di kelas V Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Sudimara Timur sebanyak 39 orang siswa. Jenis metode yang digunakan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), refleksi (Reflecting). Teknis pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan tes, hasil penelitian dengan menerapkan model Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Pada siklus I, perolehan skor dari tes hasil belajar sebesar 74%. Kemudian pada siklus II, perolehan skor dari tes hasil belajar sebesar 90%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Dengan demikian pembelajaran melalui model Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Bab 2. Norma dalam kehidupanku, materi norma hukum, norma agama, norma kesopanan dan norma kesusilaan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sudimara Timur.***** This research aims to improve student learning outcomes in Pancasila education learning and determine the effectiveness of the Course Review Horay learning model in class V elementary schools. The sample in this research was 39 class V students at SDN Sudimara Timur. The type of method used in this research is Classroom Action Research (PTK) proposed by Kemmis and Mc. Taggart consists of four stages, namely, the planning stage (Planning), implementation (Acting), Observation (Observing), and reflection (Reflecting). The data collection techniques used were observation, interviews and tests. The results of research using the Course Review Horay model can improve the learning outcomes of class V students. In cycle I, the score obtained from the learning outcomes test was 74%. Then in cycle II, the score obtained from the learning outcomes test was 90%. This shows an increase in student learning outcomes from cycle I to cycle II. In this way, learning through the Course Review Horay model can improve student learning outcomes in Chapter 2. Norms in my life, material on legal norms, religious norms, politeness norms and moral norms. Therefore, it can be concluded that the use of the Course Review Horay method can improve the learning outcomes of class V students at SDN Sudimara Timur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd.; 2). Dr. Prayuningtyas Angger W., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 26815 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 06:00 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 06:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |