PERBEDAAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING DENGAN METODE AUDIOVISUAL PADA MATERI MASALAH-MASALAH LINGKUNGAN DI KELAS XI SMAN 14 JAKARTA

MUHAMMAD ALHADIN, . (2025) PERBEDAAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING DENGAN METODE AUDIOVISUAL PADA MATERI MASALAH-MASALAH LINGKUNGAN DI KELAS XI SMAN 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar peserta didik yang menggunakan metode outdoor learning dengan metode audiovisual pada materi masalah-masalah lingkungan di kelas XI SMAN 14 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Penelitian ini berdesain quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas XI Geografi B sebagai kelas eksperimen dengan metode outdoor learning dan Kelas XI Geografi A sebagai kelas kontrol dengan metode audiovisual. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengambilan data adalah angket minat belajar yang diberikan saat sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai minat belajar di kelas eksperimen sebesar 84,1% atau sangat baik sekali dan nilai di kelas kontrol sebesar 77,9% atau sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,041 atau lebih kecil dari nilai rujukan (0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar peserta didik antara yang menggunakan metode outdoor learning dengan metode audiovisual pada materi masalah-masalah lingkungan di kelas XI SMAN 14 Jakarta. ***** This study aims to examine the differences in students' learning between those taught using outdoor learning methods and those using audiovisual methods on environmental issues in Class XI of SMAN 14 Jakarta. This research employs a quantitative approach with a quasi-experimental design, specifically a nonequivalent control group design. The sampling technique used was purposive sampling, with Class XI Geography B assigned as the experimental group (outdoor learning method) and XI Geography A as the control group (audiovisual method). The research instrument used for data collection was a learning interest questionnaire administered before and after the intervention. The results indicate that the average learning interest score in the experimental group was 84.1% (categorized as excellent), while the control group with audiovisual methods scored 77.9% (categorized as very good). Hypothesis testing using an independent sample t-test yielded a significance value of 0.041, which is lower than the reference value of 0.05. Therefore, H0 is rejected and Ha is accepted, confirming a significant difference in students’ learning interest between the two teaching methods. These findings suggest a significant difference in students’ learning interest between those taught using outdoor learning methods and those using audiovisual methods in the study of environmental issues in Class XI of SMAN 14 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Pd., M.Si. ; 2). Fauzi Ramadhoan A'Rachman, S.Pd., M.Sc.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 26696 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2025 08:53
Last Modified: 28 Feb 2025 08:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53968

Actions (login required)

View Item View Item