AYESHA SHAFIRA LUCYANA GABY, . (2025) PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (556kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa sebagai remaja dalam masa perkembangan rentan memiliki kondisi sosial dan emosional yang tidak stabil. Banyaknya perasaan negatif yang dirasakan oleh siswa dapat berdampak pada penilaian siswa terhadap keseluruhan hidupnya dan perasaan bahagia yang dirasakan oleh siswa atau kesejahteraan subjektifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberfungsian keluarga terhadap kesejahteraan subjektif pada siswa. Penelitian dilakukan bulan September 2023-Juni 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 dan kelas 11. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 162 siswa SMA Swasta di Kota Bekasi. Data diperoleh menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberfungsian keluarga berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan subjektif pada siswa dengan p-value= 0.000 < 0.05. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa keberfungsian keluarga berpengaruh positif (0,681) terhadap kesejahteraan subjektif. Selain itu, pada hasil uji koefisien determinasi dengan nilai r^2=0.464,hal ini menunjukkan variabel keberfungsian keluarga memberikan kontribusi terhadap variabel kesejahteraan subjektif sebesar 46%. Berdasarkan hal tersebut, menunjukkan keberfungsian keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan subjektif. Kata Kunci: Keberfungsian Keluarga, Kesejahteraan Subjektif, Siswa ***** Students as adolescents in a vulnerable developmental period have unstable social and emotional conditions. The many negative feelings felt by students can have an impact on students' assessment of their overall life and the feelings of happiness felt by students or their subjective well-being. This study aims to determine the effect of family functioning on subjective well-being in students. The research was conducted in September 2023-June 2024. The method used in this study uses quantitative methods. The sampling technique in this study used proportionate stratified random sampling with 162 private high school students in Bekasi City. Data were obtained using a questionnaire. The results of this study indicate that family functioning has a significant influence on subjective well-being in students, with a p-value of 0.000 < 0.05. This study also shows that family functioning has a positive effect (0.681) on subjective well-being. Furthermore, the results of the coefficient of determination test with an r² value of 0.464 indicate that the family functioning variable contributes 46% to the subjective well-being variable. Based on this, it can be concluded that family functioning has a positive and significant effect on subjective well-being. Keywords: Family Functioning, Subjective Well-Being, Students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 26640 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:57 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |