NAHLIA MEGA RAHARDI, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI KELAS X SMAN 50 JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
Cover Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Hasil Belajar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1 Pendahuluan Pengaruh Penggunaan Media Poster Infografis Terhadap Hasil Belajar.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
Bab II Landasan Teoritis Media Poster Infografis.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 3 metedeologi penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab Iv Hasil dan pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab v kesimpulan dan saran.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan poster infografis. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri Jakarta tahun pembelajaran 2023/2024 teknik yang digunakan dalan penelitian ini adalah purposive sampling yang berjumlah 36 orang yang terbagi kelas X-5 sebagai kelas kontrol dan X-7 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini berlangsung dalam yang masing-masing terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh diambil dari hasil observasi, dan data tentang peserta didik yang diambil dari soal pre-test diawal pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Analisis data menggunakan skoring atau analisis pemahaman konsep, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (Uji-t), dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji idenpendent sample t-test, diperoleh nilai (.sig) sebesar 0,001 yang artinya 0,01 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa media poster infografis berpengaruh terhadap hasil pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian pada pertemuan pertama menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 52,6 pada kelas eksperimen dan 47,7 pada kelas kontrol dan persentase hasil belajar masih kurang meningkat, dan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran. Pada hasil post-test pertemuan terakhir rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 74,8 pada kelas eksperimen dan 65,1 pada kelas kontrol, ketuntasan belajar 88,24%,serta aktivitas belajar peserta didik 91,18%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan persentase peningkatan kelas eksperimen sebesar 47% dan kelas kontrol sebesar 40%. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan media poster infografis pada materi Dinamika Litosfer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. ***** This study aims to improve student learning outcomes by using learning media using infographic posters. The subjects of the study were grade X students at SMA Negeri Jakarta in the 2023/2024 academic year. The technique used in this study was purposive sampling, totaling 36 people divided into class X-5 as the control class and X-7 as the experimental class. This research took place in which each consisted of planning, action, observation and reflection. The data obtained were taken from the results of observations, and data about students taken from the pre-test questions at the beginning of the meeting. The method used in this study was a quasi-experiment with a non-equivalent control group design. Data analysis used scoring or analysis of conceptual understanding, normality test, homogeneity test, hypothesis test (t-test), and simple linear regression test. Based on the results of the independent sample t-test, a value (.sig) of 0.001 was obtained, which means 0.01 <0.05, so it can be concluded that infographic poster media has an effect on student learning outcomes. The results of the study at the first meeting showed an average of student learning outcomes of 52.6 in the experimental class and 47.7 in the control class and the percentage of learning outcomes still did not increase, and student learning activities in learning. In the results of the post-test at the last meeting, the average student learning outcomes were 74.8 in the experimental class and 65.1 in the control class, learning completeness 88.24%, and student learning activities 91.18%. The results showed that the understanding of the experimental class concept was higher than the control class, with a percentage increase in the experimental class of 47% and the control class of 40%. Based on this study, it was concluded that using infographic poster media on the Lithosphere Dynamics material can improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Sc Ahman Sya, M.Pd.,M.Sc. ; 2). Dr. Cahyadi Seiawan, S.Si.,M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 27040 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:08 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |