SANTI OKTAVIANI, . (2025) MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG KESADARAN KEPEMILIKAN TUBUH MELALUI MEDIA BONEKA BAGI ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS VII (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SLB B-C BINA KARYA INSANI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
file COVER.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesadaran kepemilikan tubuh dengan menggunakan media boneka bagi anak hambatan Intelektual kelas VII di SLB B-C Bina Karya Insani. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, tes yang digunakan yaitu tes kinerja, sedangkan non tes berupa hasil observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka dapat membantu meningkatkan pengetahuan tentang kesadaran kepemilikan tubuh pada anak hambatan Intelektual ringan kelas VII di SLB B-C Bina Karya Insani. Peningkatan tersebut dilihat dari rata-rata pada kemampuan awal, siklus I dan siklus II mengalami perubahan hingga mencapai hasil tindakan yang diharapkan. Secara kualitatif, peningkatan ini merupakan hasil refleksi dimana pada awal pembelajaran siswa masih belum fokus, kemudian guru memperbaiki proses pembelajaran dengan siswa diminta untuk maju satu-satu menjawab pertanyaan guru dengan menggunakan media boneka agar lebih fokus dan aktif dalam pembelajaran. Dengan hasil penelitian ini, media boneka dapat meningkatkan pengetahuan tentang kesadaran kepemilikan tubuh pada anak hambatan Intelektual ringan kelas VII. ***** This study aims to improve knowledge about body ownership awareness by using doll media for children with intellectual disabilities in class VII at SLB B-C Bina Karya Insani. This type of research is classroom action research which is carried out in two cycles. Data collection uses tests and non-tests, the test used is a performance test, while the non-test is in the form of observation results, field notes and documentation. The results of the study indicate that puppet media can help improve knowledge about body ownership awareness in children with mild intellectual disabilities in class VII at SLB B-C Bina Karya Insani. The increase can be seen from the average initial ability, cycle I and cycle II experienced changes until the expected action results were achieved. Qualitatively, this increase is the result of reflection where at the beginning of learning students were still not focused, then the teacher improved the learning process by asking students to come forward one by one to answer the teacher's questions using doll media to be more focused and active in learning. With the results of this study, doll media can improve knowledge about body ownership awareness in children with mild intellectual disabilities in class VII
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd; 2). Dr. Ishak G Bachtiar, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 27010 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:54 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |