PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ITJEN_KEMENDIKBUD DALAM MEWADAHI KNOWLEDGE SHARING PADA PEGAWAI DIVISI TATA USAHA ITJEN KEMENDIKBUDRISTEK

MUHAMMAD ARYA NAUFAL, . (2025) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ITJEN_KEMENDIKBUD DALAM MEWADAHI KNOWLEDGE SHARING PADA PEGAWAI DIVISI TATA USAHA ITJEN KEMENDIKBUDRISTEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy

Abstract

Secara umum penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial Instagram dalam mewadahi knowledge sharing yang terdiri dari knowledge collecting dan knowledge donating pada pegawai Divisi Tata Usaha Itjen Kemendikbudristek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner. Angket disebar kepada pegawai Divisi Tata Usaha Itjen Kemendikbudristek yang berjumlah 65 orang. Dengan teknik sampling jenuh diperoleh 65 responden. Hasil data yang telah dihimpun kemudian diolah dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan Instagram @itjen_kemdikbud dalam mendukung knowledge sharing melalui knowledge collecting dan knowledge donating. Untuk knowledge collecting secara keseluruhan pemanfaatannya sudah mencakup berbagai aspek dilihat dari rata-rata skor tertinggi berada di kategori “KK” (36%), diikuti oleh “SR” (35%) dan kategori “SL” mendapatkan 15,27%, namun untuk kemampuan menggunakan fitur Instagram untuk mengumpulkan pengetahuan sebagian besar berada di kategori “Kadang-Kadang” (47,7%), yang menandakan bahwa fitur-fitur Instagram masih belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal. Untuk knowledge donating secara keseluruhan pemanfaatannya sudah mencakup berbagai aspek dilihat dari rata-rata skor tertinggi berada di kategori KK (36,5%) diikuti oleh SR (32,7%) dan SL (12,9%), namun untuk berbagi pengetahuan yang bermanfaat melalui komentar atau fitur lain di Instagram didominasi oleh kategori KK (41,5%), yang menandakan bahwa berbagi pengetahuan melalui komentar atau fitur masih belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik. ***** This study aims to describe the utilization of the social media platform Instagram in facilitating knowledge sharing, which includes knowledge collecting and knowledge donating, among employees of the Administrative Division of the Inspectorate General (Itjen) at the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology (Kemendikbudristek). This research employs a descriptive approach, and data collection was conducted using a survey method by distributing questionnaires. The questionnaires were distributed to all 65 employees of the Administrative Division of Itjen Kemendikbudristek. A saturated sampling technique was used, resulting in 65 respondents. The collected data were then processed and analyzed to draw conclusions in accordance with the research objectives. The findings indicate that the Instagram account @itjen_kemdikbud is utilized to support knowledge sharing through knowledge collecting and knowledge donating. For knowledge collecting, the overall utilization covers various aspects, with the highest average score in the "KK" (Sometimes) category (36%), followed by "SR" (Often) at 35%, and "SL" (Rarely) at 15.27%. However, the ability to use Instagram features to collect knowledge is predominantly in the "Sometimes" category (47.7%), indicating that Instagram features are not yet fully optimized. For knowledge donating, the overall utilization also covers various aspects, with the highest average score in the "KK" category (36.5%), followed by "SR" (32.7%) and "SL" (12.9%). However, sharing useful knowledge through comments or other Instagram features is dominated by the "Sometimes" category (41.5%), suggesting that sharing knowledge through comments or features is not yet fully utilized effectively

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Khaerudin, M.Pd; 2). Mulyadi, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 26407 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:58
Last Modified: 03 Mar 2025 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54107

Actions (login required)

View Item View Item