MUHAMMAD NUR ARDIANSYAH, . (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 76 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
Abstract
Lingkungan berperan sebagai faktor penentu dalam membentuk dan mengembangkan perilaku seseorang, baik lingkungan fisik ataupun sosio-psikologis, termasuk mengenai belajar. Sementara itu, hasil belajar mencakup perubahan yang terjadi pada individu setelah mengikuti proses pembelajaran, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Sosiologi peserta didik kelas XI di SMAN 76 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei atau angket dengan fokus lingkungan sekolah (X) sebagai variabel bebas dan hasil belajar Sosiologi kelas XI (Y) sebagai variable terikat. Pada penelitian ini menggunakan seluruh populasi dari kelas XI SMAN 76 Jakarta yang memilih peminatan Sosiologi. Jumlah kelas yang mengambil peminatan Sosiologi berjumlah dua kelas dengan masing-masing kelas terdiri dari 36 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 33 item pertanyaan terkait dengan lingkungan sekolah. Peneliti menggunakan Google Form sebagai platform survei pengambilan data, WhatsApp untuk menyebarkan kuesioner, serta Microsoft Excel dan IBM SPSS 22 untuk pengolahan datanya. Hasil uji instrumen menyatakan sebagian besar item valid dan reliabel. Hasil uji analisis regresi sederhana pada penelitian menghasilkan Nilai sebesar -0,044. Angka ini mengandung arti bahwa setiap penambahan 1% lingkungan sekolah (X), maka perilaku siswa (Y) akan menurun sebesar -0,044. Sehingga lingkungan sekolah (X) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar Sosiologi peserta didik kelas XI SMAN 76 Jakarta (Y). Oleh karena itu, Ha atau hipotesis alternaitf penelitian ditolak dan H0 diterima, sehingga hasil penelitian ini menunjukan tidak terdapat pengaruh antara variabel lingkungan sekolah dengan variabel hasil belajar Sosiologi. Hal ini sejalan dengan teori struktural fungsional yang dibawakan oleh Durkheim bahwa struktur yang saling bekerja sama dan saling bergantung maka akan terhindar dari konflik dan tetap stabil. ***** The environment plays a determining role in shaping and developing an individual's behavior, whether it is the physical or socio-psychological environment, including learning. Meanwhile, learning outcomes encompass changes that occur in individuals after participating in the learning process, whether cognitively, affectively, or psychomotorically. This study aims to measure whether there is an influence of the school environment on the Sociology learning outcomes of Grade XI students at SMAN 76 Jakarta. This research uses a quantitative approach and a survey or questionnaire method, focusing on the school environment (X) as the independent variable and Grade XI Sociology learning outcomes (Y) as the dependent variable. This study involves the entire population of Grade XI students at SMAN 76 Jakarta who chose Sociology as their specialization. There are two classes specializing in Sociology, each consisting of 36 students. The research consists of 33 questions related to the school environment. The researcher used Google Forms as the survey platform for data collection, WhatsApp to distribute the questionnaire, and Microsoft Excel and IBM SPSS 22 for data processing. The results of the instrument test indicate that most items are valid and reliable. The results of the simple regression analysis in this study yield a value of -0.044. This figure implies that for every 1% increase in the school environment (X), student behavior (Y) will decrease by -0.044. Therefore, the school environment (X) does not influence the Sociology learning outcomes of Grade XI students at SMAN 76 Jakarta (Y). Consequently, Ha or the alternative hypothesis is rejected, and H0 is accepted, indicating that there is no influence between the school environment variable and the Sociology learning outcomes variable. This aligns with the structural functional theory proposed by Durkheim, which states that structures that work together and are interdependent will avoid conflict and remain stable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ciek Julyati Hisyam, M.M., M.Si. ; 2). Suyuti, M.Pd |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan Ilmu Sosial > Sosiologi Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 26782 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 01:29 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 01:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |