PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC MELALUI STRATEGI BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KELAPA DUA WETAN 02

RIFATUNNISA, . (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC MELALUI STRATEGI BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KELAPA DUA WETAN 02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV A melalui penerapan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) yang dipadukan dengan strategi berdiferensiasi konten. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV A yang terdiri dari siswa dengan kemampuan beragam. Data diperoleh melalui tes tertulis, observasi tindakan guru dan siswa, serta dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model RADEC dengan strategi berdiferensiasi konten berhasil meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa secara signifikan. Pada siklus I, persentase ketuntasan mencapai 88% dengan rata-rata nilai 86,96, di mana 22 dari 25 siswa mencapai nilai ≥80. Pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat menjadi 96% dengan rata-rata nilai 90,5, yaitu 24 dari 25 siswa mencapai KKM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model RADEC yang dipadukan dengan strategi berdiferensiasi konten efektif meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian ini pada materi dan tingkat pendidikan yang berbeda, serta memanfaatkan teknologi untuk memperkuat implementasi pembelajaran. **** This study aims to improve reading comprehension skills of grade IV A students through the application of RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) learning model combined with content differentiation strategy. This research used Classroom Action Research (PTK) method with two cycles. The research subjects were 25 students of class IV A consisting of students with diverse abilities. Data were obtained through written tests, observation of teacher and student actions, and documentation during the learning process. The results showed that the application of RADEC model with content differentiated strategy successfully improved students' reading comprehension skills significantly. In cycle I, the percentage of completeness reached 88% with an average score of 86.96, in which 22 out of 25 students achieved a score ≥80. In cycle II, the percentage of completeness increased to 96% with an average score of 90.5, where 24 out of 25 students reached the KKM. This study concluded that the RADEC model combined with a content differentiated strategy effectively improved students' reading comprehension skills. Future researchers are advised to develop this research on different materials and education levels, as well as utilizing technology to strengthen learning implementation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 26552 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 03:15
Last Modified: 04 Mar 2025 02:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54153

Actions (login required)

View Item View Item