AMELIA PUTRI, . (2025) PENGARUH METODE PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PONDOK PINANG JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (940kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kesulitan dalam belajar tidak hanya karena pengaruh psikologi anak, tetapi juga karena pengaruh lingkungan, proses pembelajaran yang kurang menarik, kurangnya metode pembelajaran yang bervariatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh metode peer tutoring terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kelurahan Pondok Pinang Jakarta Selatan yang berjumlah 862. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan metode undian. Dari pengundian terpilihlah SDN Pondok Pinang 10 Pagi kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors dan homogenitas dengan uji barlett sebagai uji prasyarat analisis data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari metode peer tutoring terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan metode peer tutoring sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam pembelajaran IPS sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa. ***** Difficulties in learning are not only due to the influence of child psychology, but also due to the influence of the environment, the learning process is less interesting, the lack of varied and innovative learning methods. This study aims to determine whether or not there is an influence of the peer tutoring method on the learning outcomes of social studies of grade V elementary school students. This study is a quantitative experimental study with a Pretest - Posttest Control Group Design research design. The population in this study was all fifth grade students of Pondok Pinang Village Elementary School, South Jakarta, totaling 862. Sampling used the cluster random sampling technique with the lottery method. From the lottery, SDN Pondok Pinang 10 Pagi was selected class V-B as the experimental class and class V-A as the control class. This study uses a normality test with the Liliefors test and homogeneity with the Barlett test as a prerequisite test for data analysis.The results of the study indicate that there is a significant positive influence of the peer tutoring method on the social studies learning outcomes of grade V elementary school students. Therefore, teachers can use the peer tutoring method as an alternative learning method in social studies learning so that learning objectives can be achieved well and will have a positive effect on students' social studies learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. |
Subjects: | Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Depositing User: | Users 26667 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 03:27 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 03:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |