PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SD

ANNISA FITRI AULIYA, , (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar IPA pada materi Tata Surya di kelas VI Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI A dan VI B di SDN Pondok Betung 04 sebanyak 52 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode quasi-experimental dengan nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan pada skor N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai tHitung sebesar 3,31 sedangkan tTabel sebesar 2,00 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar IPA. Rata-rata N-Gain hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Augmented Reality lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan PowerPoint. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi seperti penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality yang dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran bagi guru untuk mengoptimalkan proses pembelajaran bagi siswa, terutama untuk materi yang bersifat abstrak seperti Tata Surya.*****This experimental study aims to determine the effect of using Augmented Reality-based interactive learning media on science learning outcomes on Solar System material in grade VI Elementary School. The sample in this study were students of class VI A and VI B at SDN Pondok Betung 04 as many as 52 people. Sampling using cluster random sampling technique. The method used was quasi-experimental method with nonequivalent control group design. Data collection was carried out using test instruments analysed using the t-test. Based on the results of the calculation on the posttest score of the experimental class and control class, the tCount value is 2.99 while the tTable is 2.00 with a significance level of 0.05. The results showed that there was an effect of using Augmented Reality-based interactive learning media on science learning outcomes. The average student learning outcomes using Augmented Reality learning media is higher than the average student learning outcomes using PowerPoint. Therefore, teachers need to know the abilities and needs of each student so that they can design varied learning activities such as the use of Augmented Reality-based interactive learning media that can be used as an alternative learning media for teachers to optimise the learning process for students, especially for abstract material such as the Solar System

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 26933 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:26
Last Modified: 04 Mar 2025 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54194

Actions (login required)

View Item View Item