PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERPIKIR KREATIF BERBASIS LITERASI VOKASIONAL UNTUK SMK TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN BANGUNAN DI WILAYAH JAKARTA (ELEMEN PEMBELAJARAN DESAIN INTERIOR)

FATHIMAH HAJAR AL ADAWIYYAH, . (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERPIKIR KREATIF BERBASIS LITERASI VOKASIONAL UNTUK SMK TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN BANGUNAN DI WILAYAH JAKARTA (ELEMEN PEMBELAJARAN DESAIN INTERIOR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II_11zon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_11zon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_11zon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_11zon.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN_11zon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesat dunia mendorong siswa SMK untuk terus berkarya dan beradaptasi dengan perubahan. Tantangan global seperti keterbatasan lahan, bangunan adaptif, dan pemanasan global mendorong konsep green building. Di samping itu, kebutuhan desain interior yang efisien dan berkelanjutan semakin meningkat, sehingga kemampuan berpikir kreatif menjadi krusial dalam menciptakan solusi inovatif. Literasi vokasional berperan sebagai penghubung antara teori dan praktik vokasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen berbasis literasi vokasional untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran desain interior. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen berupa tes diagnostik open-ended question dengan 18 butir soal, yang divalidasi oleh tiga pakar instrumen (83%), tiga pakar bahasa (78%), dan tiga pakar materi desain interior (82%). Reliabilitas, validitas diskriminan, dan tingkat kesukaran dianalisis menggunakan Classical Test Theory (CTT) melalui JMetrik. Analisis konstruk berpikir kreatif berbasis literasi vokasional pada 18 butir soal dilakukan dengan Second-Order Confirmatory Factor Analysis (CFA) melalui JASP. Dari hasil analisis, indeks goodness of fit dan sebagian nilai factor loading tidak terpenuhi. Melalui hal tersebut, dipilih sembilan butir soal terbaik dengan nilai factor loading tertinggi pada setiap indikator. Hal ini dilakukan untuk mereduksi butir yang tidak berkorelasi serta memberikan pengukuran yang efisien. Uji lanjutan menunjukkan bahwa butir tersebut memiliki korelasi kuat dengan dimensinya. Dengan demikian, instrumen akhir terdiri dari sembilan butir soal berbasis literasi vokasional untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa SMK Teknologi Konstruksi dan Bangunan pada elemen pembelajaran desain interior.*****The rapid development of the world encourages vocational high school (SMK) students to continuously innovate and adapt to changes. Global challenges such as land scarcity, adaptive buildings, and global warming drive the concept of green building. In addition, the demand for efficient and sustainable interior design is increasing, making creative thinking skills crucial for generating innovative solutions. Vocational literacy serves as a bridge between theoretical knowledge and practical vocational skills. This study aims to develop an instrument based on vocational literacy to measure creative thinking skills in interior design learning. The research method used is Research and Development (R&D) with the Four-D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The instrument consists of a diagnostic test with 18 open-ended questions, validated by three instrument experts (83%), three language experts (78%), and three interior design subject matter experts (82%). Reliability, discriminant validity, and item difficulty were analyzed using Classical Test Theory (CTT) through JMetrik. The construct analysis of creative thinking based on vocational literacy for the 18 items was conducted using Second-Order Confirmatory Factor Analysis (CFA) through JASP. The analysis results showed that the goodness-of-fit index and some factor loading values did not meet the required thresholds. Based on this, the nine best items with the highest factor loadings for each indicator were selected. This reduction was made to eliminate non-correlating items and ensure measurement efficiency. Further testing confirmed that the selected items had a strong correlation with their respective dimensions.Thus, the final instrument consists of nine vocational literacy-based items designed to measure the creative thinking skills of vocational high school students in the field of Construction and Building Technology, specifically in interior design learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Riyan Arthur, M.Pd. ; 2). Drs. Arris Maulana, S.T., M.T.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Kesenian > Arsitektur dan Dekorasi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 26912 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:57
Last Modified: 03 Mar 2025 07:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54265

Actions (login required)

View Item View Item