UMMI FADLILAH, . (2025) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR KELAS V SDN KECAMATAN KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (934kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Kramat Jati 11, dan SDN Kramat Jati 24, dengan menggunakan Teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument non tes berupa angket untuk mengatur variabel kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah tekn ik analisis data korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar siswa. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar sebesar 90%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 10%. ***** This research aim to determine the significance of the relationship between interpersonal intelligence and learning motivation. The samples in this study were fifth-grade students at SDN Kramat Jati 11, and SDN Kramat Jati 24, using a cluster random sampling technique. Data collection was carried out using non-test instruments in the form of questionnaires to measure interpersonal intelligence and learning motivation variables. The data analysis technique used in the Pearson product moment correlation analysis. The result showed a positive and significant relationship between interpersonal intelligence and learning motivation. The affective contribution givcen by interpersonal intelligence variable to the learning motivation is 90%, While the rest is influenced by other factors by 10%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd.; 2). Yustia Suntari, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 27028 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:04 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 06:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |