NOFIA KHOIRUNNISA, . (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK NIAT PENGGUNAAN BERKELANJUTAN PADA PENGGUNA APLIKASI MARKETPLACE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (942kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi dan akses internet menjadikan masyarakat cenderung melakukan pembelian online. Hal ini juga yang mendorong popularitas aplikasi belanja online seperti Shopee untuk meningkatkan kemungkinan pengguna melakukan pembelian secara berkelanjutan. Dalam situasi ini, Shopee memiliki tantangan dalam mempertahankan peningkatan keberlanjutan pengguna dengan mengatasi beberapa faktor yang diperkirakan berdampak pada keberlanjutan penggunaan aplikasi Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pengguna aplikasi Shopee, untuk menganalisis perilaku pengguna aplikasi Shopee, dan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat membentuk niat penggunaan berkelanjutan pada pengguna aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Dalam penelitian ini analisis deskriptif meliputi profil responden dan data. Selain itu, dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan pendekatan metode analisis Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan menggunakan software SPSS 30. Hasil penelitian menemukan bahwa terbentuk satu faktor utama yang memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan pada pengguna aplikasi Shopee di Jabodetabek. Faktor tersebut adalah Niat Penggunaan Berkelanjutan Aplikasi Shopee. Faktor ini mencerminkan dimensi kepuasan, manfaat, kemudahan, kepercayaan, dan kinerja layanan yang dirasakan oleh pengguna. Faktor tunggal ini dijelaskan dengan nilai eigen sebesar 10,047 yang menjelaskan 66,978% total varians yang kemudian memengaruhi niat mereka untuk terus menggunakannya.***** Advances in technology and internet access have made people more likely to make online purchases. This is also what drives the popularity of online shopping applications such as Shopee to increase the likelihood of users making purchases on an ongoing basis. In this situation, Shopee has the challenge of maintaining increased user sustainability by addressing several factors that are thought to have an impact on the sustainability of using the Shopee application. The purpose of this study is to identify the characteristics of Shopee application users, to analyze the behavior of Shopee application users, and to analyze what factors can shape the intention of continuous use in Shopee application users. This research uses a descriptive quantitative approach using a survey method. this research was analyzed using descriptive analysis techniques. In this study, descriptive analysis includes respondent profiles and data. In addition, in analyzing the data, this study uses the Exploratory Factor Analysis (EFA) analysis method approach using SPSS 30 software. The results of the study found that one main factor was formed that influenced the intention to continue using the Shopee application users in Jabodetabek. This factor is the intention to continue using the Shopee application. This factor reflects the dimensions of satisfaction, benefits, convenience, trust, and service performance perceived by users. This single factor is explained by an eigenvalue of 10.047 which explains 66.978% of the total variance which then influences their intention to continue using it.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM ; 2). Terrylina Arvinta Monoarfa,SE., MM |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FE > D IV Pemasaran Digital |
Depositing User: | Nofia Khoirunnisa . |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 07:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |