ANNISAA ALYA RIFANI, . (2025) PRESENTASI DIRI REMAJA BERJILBAB MELALUI PENGGUNAAN AKUN GANDA DI INSTAGRAM (Studi Kasus Dramaturgi pada Remaja Berjilbab Pengguna Akun Ganda di Instagram). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bentuk presentasi diri remaja perempuan berjilbab melalui penggunaan akun ganda di Instagram. Penelitian ini ingin memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana remaja berjilbab mempresentasikan diri mereka dalam dua ruang digital yang berbeda serta bagaimana mereka menavigasi identitas publik dan identitas personal dalam konteks media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis fenomena penggunaan akun ganda oleh remaja berjilbab. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah 4 remaja berjilbab pemilik akun ganda di Instagram. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk mengambil sampel berdasarkan kriteria spesifik yang relevan dengan penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teori dramaturgi Erving Goffman untuk memahami bagaimana remaja berjilbab mengelola presentasi diri mereka di dunia maya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja berjilbab menggunakan akun utama sebagai panggung depan untuk membangun citra diri religius dan profesional melalui foto diri yang berpakaian sopan, berjilbab, dan menampilkan pencapaian formal. Sebaliknya, akun kedua sebagai panggung belakang digunakan untuk mengekspresikan identitas personal secara lebih bebas, seperti mengunggah konten tanpa jilbab, humor, atau opini pribadi. Analisis dramaturgi mengungkapkan adanya strategi pengelolaan kesan yang berbeda di setiap akun, mulai dari pemilihan followers, pengaturan privasi, hingga pengelolaan konten, memungkinkan remaja berjilbab menyeimbangkan ekspektasi masyarakat terhadap citra religius mereka dengan kebutuhan ekspresi diri secara autentik. ***** This research aims to understand the self-presentation of hijabi adolescents through the use of dual Instagram accounts. It seeks to provide a deeper understanding of how these adolescents present themselves in two different digital spaces and how they navigate their public identity and personal identity within the context of social media. The research employs a qualitative method with a case study approach to analyze the phenomenon of dual account usage by hijabi adolescents. Data were collected through observations, interviews, and documentation. The subjects of the study were four hijabi adolescents who own dual Instagram accounts. The researcher used purposive sampling to select participants based on specific criteria relevant to the study. The collected data were then analyzed using Erving Goffman's dramaturgy theory to understand how hijabi adolescents manage their self-presentation in the online world. The research findings show that hijab-wearing adolescents use their primary Instagram account as the front stage to construct a religious and professional self-image. This is achieved through posting photos of themselves wearing modest clothing and a hijab, as well as showcasing formal achievements. Conversely, their secondary account serves as the backstage, where they freely express their personal identity by sharing content such as photos without a hijab, humor, or personal opinions. Dramaturgical analysis reveals distinct impression management strategies for each account, including the selection of followers, privacy settings, and content management, enabling hijab-wearing adolescents to balance societal expectations of their religious image with their need for authentic self-expression.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Atik Kurniawati, M.Si 2). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Annisaa Alya Rifani . |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 07:45 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 07:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |