AYESHA ISLAMY SURYANTO, . (2020) MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI KELAS III SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Utan Kayu Selatan 20 Pagi Kecamatan Matraman Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER - 1815162347.pdf Download (227kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (164kB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (144kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (146kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (182kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (381kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (212kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (234kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu pada pembelajaran PPKn dengan strategi active knowledge sharing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Utan Kayu Selatan 20 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 28 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dan dilakukan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui pengamatan/observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasa ingin tahu siswa pada siklus I sebesar 53,6% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,7%. Adapun data yang diperoleh dari tindakan guru dan siswa dalam pembelajaran PPKn dengan strategi active knowledge sharing pada siklus I sebesar 72,5% dan 77,5% kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85% dan 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi active knowledge sharing dalam proses pembelajaran PPKn dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Kata kunci: Rasa Ingin Tahu, Pembelajaran PPKn, Strategi Active Knowledge Sharing. Classroom Action Research aims to improve the curiosity in Civics and Citizenship Learning with strategy active knowledge sharing. The subject in this research are grade III SDN Utan Kayu Selatan 20 Pagi East Jakarta that amounted to 28 students. Classroom Action Research was carried out with use the model Kemmis and Mc. Taggart and conducted during two cycle, every cycle consisting of three rounds, which is consisting of planning, action and observation, and reflection. Data collecting procedure of this research is in the form of observation, questionnaires, and documentation. This research result indicates that curiosity students on the cycle of I at 53,6% and on the cycle of II had grown to 85,7%. The data collected from the act of teacher and students in civics and citizenship learning with strategy active knowledge sharing on cycle I of 72,5% and 77,5% then cycle II increased be 85 % and 90%. This research result indicates that strategy active knowledge sharing in Civics and Citizenship Learning could be one of an effort to improve student curiosity. Keywords: Curiosity, Civics And Citizenship Learning, Strategy Active Knowledge Sharing
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Yustia Suntari, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1581 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 09:44 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 09:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5437 |
Actions (login required)
View Item |