PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF CLASSPOINT DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 169 JAKARTA

ISNAINI NUANSA PITRI, . (2025) PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF CLASSPOINT DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 169 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh media Powerpoint interaktif Classpoint dengan model Discovery Learning terhadap keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII SMP N 169 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 169 Jakarta. Pada desain ini, terdapat dua kelas yang dijadikan sampel, yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil pemerolehan data terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Classpoint dengan model discovery learning. Rentang nilai pretest menulis teks pidato pada siswa kelas eksperimen berada pada nilai tertinggi 70 dengan nilai rata-rata sebesar 45,84. Rentang nilai posttest menulis teks pidato pada siswa tertinggi berada pada 93 dengan nilai rata-rata sebesar 70,23. Selisih rata-rata antara nilai pretest dan posttest adalah sebesar 23. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,008 yang lebih kecil dari α = 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Powerpoint interaktif Classpoint dengan model Discovery Learning terhadap keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII SMP N 169 Jakarta. Kata Kunci: Classpoint, discovery learning, menulis teks pidato ***** This study aims to determine the presence or absence of the influence of Classpoint interactive Powerpoint media with the Discovery Learning model on the speech text writing skills of grade VIII students of SMP N 169 Jakarta. This study uses a quantitative method. The research method used in this study is an experimental method with a Pretest-Postest Control Group Design. The population of this study is grade VIII students of SMP N 169 Jakarta. In this design, there are two classes that are used as samples, namely class VIII E as an experimental class and class VIII C as a control class. The results of data acquisition showed significant differences between before and after treatment using Classpoint learning media and the discovery learning model. The range of pretest scores for writing speech texts in experimental class students was at the highest score of 70 with an average score of 45.84. The highest posttest score range for writing speech texts for students was at 93 with an average score of 70.23. The average difference between the pretest and posttest scores was 23. Based on the results of the hypothesis test, a significance value (2-tailed) of 0.008 was obtained which was smaller than α = 0.05, so that H0 was rejected and H1 was accepted. This proves that there is a significant influence on the use of Classpoint interactive Powerpoint media with the Discovery Learning model on the speech text writing skills of grade VIII students of SMP N 169 Jakarta. Keywords: Classpoint, discovery learning, writing speech text

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurita Bayu Kusmayanti, M.Pd. 2). Reni Oktaviani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Isnaini Nuansa Pitri .
Date Deposited: 04 Mar 2025 05:15
Last Modified: 04 Mar 2025 05:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54371

Actions (login required)

View Item View Item