PENGGUNAAN APLIKASI XMIND UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI NAHWU (Penelitian Tindakan Pada Kelas Tiga Di Pondok Pesantren Daarussalaam)

FADLIA RIZKY FARHANNY, . (2025) PENGGUNAAN APLIKASI XMIND UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI NAHWU (Penelitian Tindakan Pada Kelas Tiga Di Pondok Pesantren Daarussalaam). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fadlia Rizky Farhanny. Penggunaan Aplikasi Xmind untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Nahwu (Penelitian Tindakan pada Kelas III di Pondok Pesantren Daarussalaam). Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III MTs pada materi Nahwu melalui penggunaan aplikasi Xmind.Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Daarussalaam Depok pada siswa kelas III semester satu. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test yaitu 50,91. Pada siklus pertama terjadi peningkatan rata-rata kelas menjadi 81,55 dengan perolehan nilai n-gain sebesar 0,61 atau dalam kriteria sedang. Dan pada siklus 2, rata-rata kelas meningkat lebih tinggi menjadi 93,45 dengan perolehan nilai n-gain sebesar 0,70 atau dalam kriteria tinggi.Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Xmind dalam pembelajaran Nahwu sangat efektif dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajarinya. Kata Kunci: Media Pembelajaran Nahwu, Aplikasi Xmind, Mind Mapping.*****Fadlia Rizky Farhanny. Use of Xmind Application in Improving Students' Understanding of Nahwu Material (An Action Research in Grade III at Daarussalaam Islamic Boarding School). Thesis. Jakarta: Department of Arabic Education, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta. This research aims to improve the understanding of Nahwu material among Grade III students using the Xmind application. This study was conducted at Daarussalaam Islamic Boarding School, Depok, involving Grade III students in the first semester. The research method is Classroom Action Research (CAR) using the Kemmis and McTaggart model, which consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. The instruments used are observation and learning outcome tests. Based on this research's results, the average pre-test score was 50.91 before the intervention. In the first cycle, the class average increased to 81.55, with an n-gain value of 0.61, categorized as moderate. In the second cycle, the class average further increased to 93.45, with an n-gain value of 0.70, categorized as high. Based on these findings, the researcher concludes that the use of the Xmind application in Nahwu learning can improve students' understanding of the material. Keywords: Nahwu Learning Media, Xmind Application, Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Kamal, M. A; 2). Dr. Syamsi Setiadi, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 27244 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2025 03:08
Last Modified: 04 Mar 2025 03:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54381

Actions (login required)

View Item View Item