PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

ZULSYIKA NURFAIZAH, . (2020) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK GURU SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
A. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
B. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
D. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB 5.pdf

Download (982kB)
[img] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
H. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan pendidikan karakter untuk guru sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan kombinasi model pengembangan pembelajaran berorientasi system oleh Walter Dick, Lou Carey, dan James O. Carey dan model pengembangan pembelajaran berorientasi produk oleh Derek Rowntree. Prosedur pengembangan terdiri atas sepuluh langkah pada model Dick, Carey, dan Carey dan tiga tahap pengembangan dengan model Rowntree yang dilaksanakan pada langkah ke-tujuh model pengembangan Dick, Carey, dan Carey. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku panduan cetak. Responden yang terlibat untuk mengevaluasi produk adalah ahli materi pendidikan karakter dan ahli media pembelajaran, serta pengguna yaitu enam guru Sekolah Dasar. Nilai rata-rata yang di dapat pada tahap evaluasi formatif one-to-one oleh ahli materi pendidikan karakter sebesar 3,91 (sangat baik) dan ahli media pembelajaran sebesar 3,23 (sangat baik). Nilai rata-rata yang di dapat pada tahap evaluasi formatif small group oleh pengguna yaitu enam orang guru Sekolah Dasar sebesar 3,21 (sangat baik). Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan buku panduan pendidikan karakter baik dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Hasil evaluasi formatif juga digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. This research aims to develop a character education manual book for elementary school teacher. The method used in this study is research and development by combining system oriented model by Walter Dick, Lou Carey, and James O. Carey and product oriented model by Derek Rowntree. The development procedure consists of ten steps on Dick, Carey, and Carey model and three stages on Rowntree model which is implemented at the seventh step of Dick, Carey, and Carey model. The result of this research is a printed manual book. The respondents involved in the product evaluation process are character education expert, instructional media expert, and six elementary school teachers as the user. The average score of one-to-one formative evaluation process by character education expert is 3.91 (very good) and by instructional media expert is 3.23 (very good). The average score of small group formative evaluation by six elementary school teacher as the user is 3.21 (very good). The result shows that the character education manual book is overall good and can be utilized by the user. The result of formative evaluation is also used for revision and product quality improvement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. ; 2) Santi Maudiarti, S.E., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 1407 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2020 10:15
Last Modified: 16 Apr 2020 10:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5440

Actions (login required)

View Item View Item