AJI MUHAMMAD SURYA SAPUTRA, . (2025) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATERI IDHAFAH WA SIFAH DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MATA KULIAH NAHWU AWWAL MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Aji Muhammad Surya Saputra, "Pengembangan Pembelajaran Materi Idhafah Wa Sifah Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Dalam Mata Kuliah Nahwu Awwal Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 (Penelitian Pengembangan Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta)". Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran mata kuliah Nahwu Awwal pada materi Idhofah wa Sifah. Salah satu hambatan utama yang dihadapi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta adalah kesulitan dalam membedakan antara Mudhof dan Mudhof Ilaih saat membuat kalimat Idhofah. Selain itu, mahasiswa belum memahami materi Idhofah wa Sifah secara mendalam karena keterbatasan latihan soal. Mahasiswa juga meyakini bahwa mereka membutuhkan multimedia interaktif untuk menunjang pembelajaran yang lebih efisien dan membantu memahami materi dengan lebih baik. Multimedia interaktif pembelajaran pada materi idhofah wa sifah dalam mata kuliah nahwu awwal menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 telah berhasil memenuhi kebutuhan pembelajaran mahasiswa. Model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi digunakan secara sistematis. Berdasarkan analisis kebutuhan terhadap mahasiswa, ditemukan bahwa mayoritas membutuhkan multimedia dengan tujuan pembelajaran yang jelas, mudah digunakan, fleksibel, serta mengintegrasikan elemen visual, teks, video pembelajaran, dan latihan mandiri. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa Articulate Storyline 3 yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi, dengan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa masing-masing mencapai kategori "Sangat Layak." dengan persentase berturut-turut 84%, 84,6%, dan 83,1%. Dengan demikian, multimedia ini dinyatakan efektif sebagai multimedia pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran Idhofah wa Sifah di kalangan mahasiswa. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Idhofah wa Sifah, Articulate Storyline 3 This study aims to address obstacles in learning the Nahwu Awwal course, particularly on the topic of Idhofah wa Sifah. One major challenge faced by students of the Arabic Language Education Program at Universitas Negeri Jakarta is the difficulty in distinguishing between Mudhof and Mudhof llaih when constructing Idhofah sentences. Furthermore, the students have not comprehensively mastered the Idhofah wa Sifah material due to limited practice exercises. They also believe that interactive multimedia is essential to support more efficient learning and to help them better understand the material. Interactive Learning Multimedia on Idhofah and Sifah Material in the Nahwu Awwal Course Using the Articulate Storyline 3 Application has successfully met the students' learning needs. The ADDIE development model, which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation, was systematically applied. Based on the needs analysis conducted among the students, it was found that the majority required multimedia with clear learning objectives, user-friendly design, flexibility, and the integration of visual elements, text, instructional videos, and self-practice exercises. The validation and trial results indicate that the developed Articulate Storyline 3 achieved a very high level of feasibility, with assessments from subject matter experts, media experts, and students falling into the "Highly Feasible" category, with percentages of84%, 84.6%, and 83.1%, respectively. Therefore, this multimedia is deemed effective as a learning tool to enhance the quality and effectiveness of teaching Idhofah wa Sifah among students. Keywords: Interactive Multimedia, Idhofah wa Sifah, Articulate Storyline 3
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd. 2). Dr. Muhammad Kamal, MA. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 26943 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:42 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 03:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |