PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA SEKOLAH DASAR

FACHRUNISA AULIA, . (2025) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindak kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui metode card sort pada siswa kelas V SDN Menteng Atas 21 Pagi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Menteng Atas 21 Pagi yang berjumlah 30 orang. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester I, tahun ajaran 2024/2025, yakni pada bulan Juli Agustus 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart dengan empat tahapan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keaktifan belajar dan angket pemantauan tindakan metode card sort, hasil penelitian dengan menerapkan metode card sort dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V. Pada siklus I, perolehan skor dari angket keaktifan belajar sebesar 30%. Kemudian pada siklus II, perolehan skor dari angket keaktifan belajar sebesar 74% dan pada siklus III, perolehan skor dari angket keaktifan belajar sebesar 90%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Dengan demikian pembelajaran melalui metode card sort dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Bab 1. Pancasila dalam Kehidupanku, materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa, dan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode card sort dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN Menteng Atas 21 Pagi. ***** This classroom action research aims to improve learning activity in Pancasila Education through the card sort method in class V students of SDN Menteng Atas 21. The subjects in this study were 30 class V students of SDN Menteng Atas 21. The time of this research was carried out in semester I, academic year 2024/2025, namely in July-August 2024. The research method used was Classroom Action Research (CAR) using the Kemmis & Mc Taggart model with four stages of research procedures including planning, implementation, observation, and reflection. Data collection was carried out using a learning activity questionnaire and a card sort method action monitoring questionnaire, the results of the study by applying the card sort method can increase the learning activity of class V students. In cycle I, the score obtained from the learning activity questionnaire was 30%. Then in cycle II, the score obtained from the learning activity questionnaire was 74% and in cycle III, the score obtained from the learning activity questionnaire was 90%. This shows increased student learning activity from cycle I to cycle III. Thus, learning through the card sort method can improve student learning activity, as shown in Chapter 1. Pancasila in my life, the material of Pancasila as the Foundation of the State and the Nation's Outlook on Life, and the Practice of Pancasila Values. Therefore, it can be concluded that the use of the card sort method can increase the learning activity of fifth-grade students of SDN Menteng Atas 21.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M. Pd.; 2). Drs. Juhana Sakmal, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 27142 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:26
Last Modified: 04 Mar 2025 06:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54423

Actions (login required)

View Item View Item