ANALISIS KEBUTUHAN MATA KULIAH BIDANG PENDIDIKAN VOKASIONAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERITAS NEGERI JAKARTA

DAFA AULIA BAHAR, . (2025) ANALISIS KEBUTUHAN MATA KULIAH BIDANG PENDIDIKAN VOKASIONAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan analisis kebutuhan untuk menemukan kebutuhan mata kuliah bagi mahasiswa dalam menunjang kompetensi profesional guru. Penelitian ini akan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menyajikan kemampuan yang terdapat pada kompetensi profesional yang dibutuhkan oleh sarjana pendidikan teknik bangunan untuk menjadi seorang pendidik pada bidang teknik bangunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional calon guru seperti Penguasaan materi pembelajaran, Kemampuan merancang dan melaksanakan pembelajaran, kemampuan menilai pembelajaran, pengembangan profesional, pemahaman terhadap karakteristik peserta didik, kemampuan berkolaborasi, dan etika profesi telah tercakup dalam mata kuliah kependidikan yang ada pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta, yaitu Landasan Pendidikan, Wawasan Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Teori Belajar dan Pembelajaran, Perencanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Metodologi Penelitian, Kurikulum & Strategi Pembelajaran Vokasi, Manajemen Pendidikan Vokasional, Komunikasi Pembelajaran dan Penelitian Pendidikan, sehingga tidak diperlukan tambahan mata kuliah baru. Masih terdapat beberapa keterbatasan yang ada pada penelitian ini. penelitian hanya pada mata kuliah kependidikan yang ada di Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Keterbatasan narasumber pada penelitian ini, di mana sekolah yang berkesempatan untuk di wawancarai hanya pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta agar dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk menjadi guru dan tenaga pendidik bidang teknik bangunan yang memiliki kompetensi profesional. ***** This study aims to analyze the needs in order to identify the required courses that will support students in developing the professional competencies necessary for teaching. The research will employ a descriptive qualitative approach, using data collection techniques such as interviews, documentation, and observation. It examines the competencies required by a Bachelor's degree in Building Engineering Education to become an educator in the field of building engineering. The research findings indicate that the professional competencies needed by prospective teachers—such as mastery of learning materials, the ability to design and implement lessons, the ability to assess learning, professional development, understanding of student characteristics, collaboration skills, and professional ethics—are already covered by the existing educational courses within the Building Engineering Education Study Program at Jakarta State University. These courses include Educational Foundations, Educational Insights, Student Development, Learning and Teaching Theory, Lesson Planning, Learning Evaluation, Research Methodology, Vocational Curriculum & Learning Strategies, Vocational Education Management, Learning Communication, and Educational Research. Therefore, no additional courses are necessary. However, there are several limitations in this study. It focuses only on the educational courses offered within the Building Engineering Education Study Program at Jakarta State University. Another limitation is the scope of the interview subjects, as the schools involved in the interviews were limited to those offering the Design Modeling and Building Information (DPIB) program. It is hoped that this research will be beneficial to the Building Engineering Education Study Program at Jakarta State University, helping it better equip students to become professional educators in the field of building engineering.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R. Eka Murtinugraha, M.Pd. ; 2). Dr. Riyan Arthur, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 27128 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2025 03:03
Last Modified: 04 Mar 2025 03:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54443

Actions (login required)

View Item View Item