PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 231 JAKARTA

ARNETTA OKTAVIA SYAHBANI, . (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 231 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Syahbani, Arnetta Oktavia. 2025. Pengaruh Strategi Pembelajaran Picture Word Inductive Model (PWIM) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 231 Jakarta. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Picture Word Inductive Model (PWIM) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 231 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 231. Dalam desain penelitian ini terdapat dua kelas yang dijadikan sampel, yaitu kelas 7G sebagai kelas eksperimen dan kelas 7E sebagai kelas kontrol. Hasil pemerolehan data terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan strategi PWIM. Rentang nilai tes awal menulis teks deskripsi pada siswa kelas eksperimen berada pada nilai tertinggi 72 dengan nilai rata- rata sebesar 56,06. Rentang nilai tes akhir menulis teks deskripsi pada siswa eksperimen tertinggi berada pada 88 dengan nilai rata-rata sebesar 68,69. Selisih rata-rata antara nilai tes awal dan tes akhir adalah sebesar 16. Penggunaan strategi pembelajaran ini dapat diimplikasikan terhadap teks lainnya, seperti teks narasi atau teks laporan hasil observasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh signifikansi α = 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga bisa dikatakan tolak H0 ditolak pada α = 0,05. Dengan demikian, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi PWIM terhadap keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas 7 SMP Negeri 231 Jakarta. ***** Syahbani, Arnetta Oktavia. 2025. The Effect of Picture Word Inductive Model (PWIM) on the Writing Skills of Descriptive Texts of Students in Grade VII of 231 State Junior Highschool Jakarta. Jakarta: Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. This study aims to determine the effect of using the Picture Word Inductive Model (PWIM) learning strategy on the writing skills of description texts of seventh grade students of 231 State Junior Highschool Jakarta. This research uses quantitative research methods. The research method used in this research is experimental method with design. The population of this study were 7th grade students of 231 State Junior Highschool Jakarta. In this design there are two classes that are used as samples, namely class 7G as an experimental class and class 7E as a control class. The results of data acquisition showed a significant difference between before and after being given the PWIM strategy. The range of initial test scores for writing descriptive texts in experimental class students was at the highest score of 72 with an average score of 56.06. The range of final test scores for writing review texts for experimental students was highest at 88 with an average score of 68.69. The average difference between the initial test scores and the final test scores is 16. The use of this learning strategy can be applied to other texts, such as narrative or observation report text. Based on the result of hypothesis testing, a significance value (2-tailed) of 0.000 was obtained which is smaller than the significance level α = 0,05 (0,000 < 0,05), so it can be said that H0 rejected at α = 0,05. Thus, there is a significant effect on the use of the PWIM strategy on the writing skills of descriptive texts in grade 7 students of 231 Junior High School Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si. 2). Reni Oktaviani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 26666 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:32
Last Modified: 04 Mar 2025 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54449

Actions (login required)

View Item View Item