SIGIT SUDIBYO, . (2025) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (909kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran sejarah memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman siswa terhadap peristiwa masa lalu, namun metode konvensional yang dominan menyebabkan rendahnya minat dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas buku infografis sebagai media pembelajaran inovatif guna meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta uji coba yang melibatkan siswa dan guru di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Validasi dilakukan oleh ahli media dan materi untuk menilai kelayakan buku infografis sebelum diterapkan dalam pembelajaran. Fokus penelitian dalam pembelajaran meliputi pemanfaatan buku infografis, respon siswa, serta dampaknya terhadap pemahaman dan motivasi belajar. Sedangkan pada pengembangan, penelitian ini menitikberatkan pada desain, pembuatan, validasi oleh ahli, uji coba di kelas, serta evaluasi dan perbaikan produk berdasarkan masukan dari siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan infografis secara signifikan meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa. Uji coba terbatas menunjukkan efektivitas 96%, sedangkan uji coba luas pada 25 siswa menghasilkan skor 91%. Pre-test dan post-test mengindikasikan peningkatan pemahaman yang signifikan, dengan 60% siswa mencapai kategori "baik sekali" dan tidak ada siswa yang gagal. Validasi ahli materi oleh Silvy Mei Pradita, M.Pd., memperoleh skor 49 dari 50 (98%), dan validasi ahli media oleh Alle Gory Alam, S.Ds., memperoleh skor 99 dari 100 (99%).Pendekatan pembelajaran sejarah berbasis infografis terbukti efektif dan inovatif, karena penyajian materi yang visual dan interaktif membuat siswa lebih tertarik dan mudah memahami konsep sejarah. Oleh karena itu, media ini direkomendasikan untuk diterapkan dan dikembangkan lebih lanjut melalui integrasi teknologi digital. ***** History education plays an important role in shaping students’ understanding of past events; however, dominant conventional methods have resulted in low student interest and motivation. This study aims to develop and analyze the effectiveness of an infographic-based textbook as an innovative learning medium to improve students’ understanding and motivation in history subjects. This research employs the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model, consisting of analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data were collected through observations, interviews, and trials involving students and teachers at SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Validation was conducted by media and subject matter experts to determine the feasibility of the infographic-based textbook before its implementation in learning. The results indicate that the use of infographics significantly increases students’ understanding and motivation. A limited trial demonstrated an effectiveness rate of 96%, while a broader trial involving 25 students yielded a score of 91%. Pre-test and post-test results revealed a substantial improvement in understanding, with 60% of the students reaching the “very good” category and none failing. Validation by subject matter expert Silvy Mei Pradita, M.Pd., achieved a score of 49 out of 50 (98%), and validation by media expert Alle Gory Alam, S.Ds., achieved a score of 99 out of 100 (99%). The infographic-based approach to history learning has proven to be both effective and innovative, as the visual and interactive presentation of material makes students more interested and helps them better grasp historical concepts. Therefore, this medium is recommended for application and further development through the integration of digital technology.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Kurniawati, M.Si. 2). Dr. Abrar, M. Hum. |
Subjects: | Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 26670 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:24 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 02:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |