UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PAKET C PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN (PRAKARYA) DI PKBM NEGERI 21 TEBET

EL QIRANNA ASH SHIFA, . (2020) UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PAKET C PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN (PRAKARYA) DI PKBM NEGERI 21 TEBET. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PKBM Negeri 21 Tebet Jakarta Selatan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana upaya tutor dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di paket C pada mata pelajaran keterampilan (prakarya). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 orang tutor pada mata pelajaran keterampilan (prakarya) di PKBM Negeri 21 Tebet dengan tambahan narasumber atau informan yaitu Kepala PKBM dan peserta didik paket C. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis mengolah data yang dilakukan adalah dengan menggunakan proses triangulasi, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan tutor PKBM Negeri 21 Tebet dalam meningkatkan kreativitas peserta didik paket C. Adapun upaya-upaya tersebut adalah (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan pembuatan RPP dan silabus, penyediaan alat penunjang pembelajaran dan merancang iklim pembelajaran kreatif. (2) pelakasanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran praktek/langsung, memberikan motivasi, membebaskan peserta didik dalam berkreasi, pendampingan dan memfasilitasi peserta didik dalam proses pembelajaran. (3) penutup pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan kesimpulan pembelajaran dan memberikan pujian terhadap hasil karya kreatif. Tutor perlu mengetahui kemampuan potensi kreativitas setiap peserta didik sehingga dapat mengembangkan kreativitas peserta didik menjadi lebih bervariasi. This research is conducted at the PKBM Negeri 21 Tebet with some purposes such as to figure out and describe how the tutor’s effort to improve the creativity of the student package C learning group. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The subjects are 3 tutor skill subject at PKBM Negeri 21 Tebet and the source or informant is the principal and student. Data collecting procedures used are observation, interview, documentary and field notes. Data analysis techniques used are triangulation, data reduction and concluding. The results of this research are knowing and describe the effort made by the tutors at the PKBM Negeri 21 Tebet to improve the creativity of the student package C learning group. The efforts are: (1) planning of learning; making RPP and Silabus, prepare the learning toolbox, designing a climate of learning, (2) implementation of learning; using practice learning method, giving motivation, release the students in creativity, chaperone and facilitate in process of learning, (3) closing of learning; communicate conclusion of learning, giving praise towards handiwork. Tutors must have knowing the creativity of student capability so that can develop the creativity of student being more varied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Adi Irvansyah, M.Pd. ; 2). Karta Sasmita, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 1697 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2020 10:29
Last Modified: 16 Apr 2020 10:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5448

Actions (login required)

View Item View Item