PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR

TRI SUCI RAMADHAN, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran komik digital merupakan media elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk komik yang dipublikasikan secara digital. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa Komik Digital dalam pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk kelas IV Sekolah Dasar tentang keutuhan NKRI. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE dari Branch yaitu dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Tahap validasi ahli yaitu validasi oleh ahli media, validasi oleh ahli materi, validasi oleh ahli bahasa, dan validasi media yang dilakukan oleh peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan respon siswa memperoleh nilai lebih dari 91% sehingga pengembangan media pembelajaran komik digital dikategorikan sangat layak dengan revisi. ***** Digital comic learning media is an electronic media used to convey information in the form of comics that are published digitally. The purpose of this research and development is to produce learning media in the form of Digital Comics in project based learning of Pancasila Education subjects for grade IV Elementary Schools about the integrity of the Republic of Indonesia. This study uses the ADDIE development method from Branch, namely with the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques through observation, interviews, and questionnaires. Data analysis techniques use a Likert scale. The expert validation stage is validation by media experts, validation by material experts, validation by language experts, and media validation carried out by students. These results indicate that the validation value by media experts, material experts, language experts, and student responses obtained a value of more than 91% so that the development of digital comic learning media is categorized as very feasible with revision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 27129 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:27
Last Modified: 04 Mar 2025 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54481

Actions (login required)

View Item View Item