TRININGSIH, RENATALIA (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER - RENATALIA T - 1113822027.pdf Download (696kB) |
![]() |
Text
BAB - I - PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III - METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV - HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V - SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN - FINAL - REPOSITORY_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan video animasi sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV di SDN 03 Pondok Kelapa Pagi. Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang membutuhkan inovasi dalam penyampaian materi agar siswa lebih termotivasi dan memahami konsep dengan baik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 03 Pondok Kelapa Pagi, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, uji validasi para ahli dan tes keterampilan menulis. Video animasi yang dikembangkan diuji kelayakannya melalui validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta diuji coba dalam pembelajaran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan skor tes menulis siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa produk ini sangat layak digunakan, dengan skor persentase dari ahli media sebesar 91,25%, ahli materi 95%, dan ahli bahasa 88,89%. Selain itu, uji n-gain berhasil dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik, dengan hasil N-gain sebesar 8,95% atau 0,89 termasuk peningkatan kategori tinggi.. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan video animasi ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Video animasi dapat digunakan sebagai salah satu solusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk membantu siswa memahami materi secara lebih menarik dan interaktif. ***** This study aims to develop and evaluate the feasibility of animated videos as a learning medium to improve descriptive writing skills among fourth-grade students at SDN 03 Pondok Kelapa Pagi. Writing skills are a crucial aspect of Indonesian language learning that requires innovative instructional approaches to motivate students and improve their conceptual understanding. This research adopts the ADDIE development model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The study subjects were fourthgrade students at SDN 03 Pondok Kelapa Pagi, with data collection techniques including observation, interviews, questionnaires, expert validation tests, and writing skill assessments. The developed animated video was assessed for feasibility through validation by media experts and subject matter experts, followed by implementation in the learning process to evaluate its impact on students' writing abilities. The findings indicate that the use of animated videos as a learning medium significantly improves students' descriptive writing skills, as evidenced by the increase in their writing test scores after utilizing this instructional tool. The feasibility test results demonstrate that the product is highly suitable for use, with percentage scores of 91.25% from media experts, 95% from subject matter experts, and 88.89% from language experts. Additionally, the N-gain test confirmed an improvement in students' descriptive writing skills, with an N-gain score of 8.95% or 0.89, categorized as a high level of enhancement. Therefore, it can be concluded that the development of animated videos serves as an innovative and effective alternative learning medium to enhance descriptive writing skills among fourthgrade elementary school students. Animated videos can be utilized as a solution in Indonesian language learning to help students grasp the material more engagingly and interactively.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Gusti Yarmi M.Pd; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 27374 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 01:51 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 01:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |