PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL, EFIKASI DIRI, DAN REGULASI DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA SMKN 42 JAKARTA

SITI MARWAH, . (2024) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL, EFIKASI DIRI, DAN REGULASI DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA SMKN 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Resiliensi akademik sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di sekolah sehingga siswa dapat menyesuaikan diri dan bangkit dari situasi yang menyulitkan. Berbagai faktor dapat mempengaruhi tingkat resiliensi akademik seseorang, dalam penelitian ini faktor yang digunakan yakni dukungan sosial, efikasi dan regulasi diri. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara dukungan sosial, efikasi diri, dan regulasi diri terhadap resiliensi akademik pada siswa SMKN 42 Jakarta. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengujian SEM-PLS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan total sampel sebesar 258 siswa SMKN 42 Jakarta. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada observasi serta pengisian angket menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan variabel efikasi diri dan regulasi diri berpengaruh terhadap resiliensi akademik dengan nilai t statistik > 1,96 dan nilai PValues < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara tidak langsung dukungan sosial berpengaruh terhadap resiliensi akademik melalui variabel efikasi diri. Sementara itu, variabel dukungan sosial tidak berpengaruh terhadap resiliensi akademik. ***** Academic resilience is very necessary to face challenges at school so that students can adapt and rise from difficult situations. Various factors can influence a person's level of academic resilience, in this research the factors used are social support, efficacy and self-regulation. So, this research aims to find out whether there is an influence between social support, self-efficacy and self-regulation on academic resilience in students at SMKN 42 Jakarta. This research uses a quantitative approach with SEM-PLS testing. Sampling in this study used a proportional stratified random sampling technique with a total sample of 258 students at SMKN 42 Jakarta. Data collection used in this research was based on observation and filling out a questionnaire using a Likert scale. The research results show that the variables of self-efficacy and self-regulation have an influence on academic resilience with a statistical t value > 1.96 and a P-Values < 0.05. The research results also show that social support indirectly influences academic resilience through the self-efficacy variable. Meanwhile, the social support variable has no effect onacademic resilience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Henry Eryanto, MM. ; 2). Prof. Dr. Umi Widyastuti, SE, ME.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Siti Marwah .
Date Deposited: 04 Mar 2025 08:04
Last Modified: 04 Mar 2025 08:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54540

Actions (login required)

View Item View Item