PENGEMBANGAN E-COMIC KEMBARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD PADA MATERI MEMBANGUN JATI DIRI DALAM KEBINEKAAN

NADIA VIRDHA IZZATI, . (2025) PENGEMBANGAN E-COMIC KEMBARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD PADA MATERI MEMBANGUN JATI DIRI DALAM KEBINEKAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN (53) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-Comic KEMBARA (Keberagaman Budaya di Nusantara) sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV Sekolah Dasar pada materi Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Hannafin & Peck yang terdiri dari 3 tahap, antara lain : Analisis Kebutuhan, Desain, Pengembangan dan Implementasi. Pada tahap implementasi peneliti melakukan uji kelayakan media dengan melibatkan expert review yang terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa. Hasil kelayakan dari 1) Validasi ahli materi memperoleh skor 92%, 2) Validasi ahli media memperoleh skor 98,66%, 3) Validasi ahli bahasa memperoleh skor 98%. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa E-Comic KEMBARA memiliki presentase kelayakan dengan kualifikasi Sangat Baik. Setelah itu melakukan uji coba kepada siswa yang dilakukan di SDN Rambutan 03 Pagi dengan hasil 1) Uji coba one to one mendapatkan presentase 96%, 2) Uji coba small group mendapatkan presentase 98,13%, 3) Uji coba fieldtest mendapatkan presentase 97,95%. Hasil uji coba pengguna ketiga tahap memiliki presentase kelayakan dengan kualifikasi Sangat Baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi para ahli dan uji coba pada siswa, produk E-Comic KEMBARA yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan kelas IV SD. ***** This research and development aims to produce the KEMBARA E-Comic (Cultural Diversity in the Archipelago) product as a learning medium for Pancasila education for grade IV elementary schools on the material Building Identity in Diversity. This research and development refers to the Hannafin & Peck development model which consists of 3 stages, including: Needs Analysis, Design, Development and Implementation. At the implementation stage, researchers carried out media feasibility tests by involving expert reviews consisting of material experts, media experts, and language experts. The feasibility results of 1) Material expert validation obtained a score of 92%, 2) Media expert validation obtained a score of 98.66%, 3) Linguistic expert validation obtained a score of 98%. Validation results by experts show that KEMBARA E-Comic has a feasibility percentage with Very Good qualifications. After that, a trial was carried out on students at SDN Rambutan 03 Pagi with the results: 1) One to one trial got a percentage of 96%, 2) Small group trial got a percentage of 98.13%, 3) Field test got a percentage of 97, 95%. The results of user trials for the three stages have a feasibility percentage with Very Good qualifications. Based on the results obtained from expert validation and trials on students, the KEMBARA E-Comic product developed by researchers is very suitable for use as a learning medium for Pancasila Education in the material Building Identity in Diversity for fourth grade elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd.; 2). Yofita Sari, M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 27182 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:57
Last Modified: 05 Mar 2025 01:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54564

Actions (login required)

View Item View Item