HERLIANA DAMAYANTI, . (2025) PENERAPAN METODE VIDEO SELF MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK AUTIS TINGKAT PAUD DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (758kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggosok gigi pada anak autis tingkat PAUD melalui metode Video Self Modelling (VSM). Video Self Modelling (VSM) dipilih karena memanfaatkan kemampuan visual anak autis untuk meningkatkan partisipasi aktif dan membangun kepercayaan diri. Subjek penelitian adalah seorang anak autis usia 5 tahun kelas TK A di Jakarta, dengan kategori spektrum autisme level 1. Penelitian dilakukan dalam dua siklus menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan model Kemmis dan McTaggart, meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan VSM efektif dalam meningkatkan kemampuan anak autis dalam menggosok gigi secara mandiri. Sebelum intervensi, anak autis hanya mendapatkan nilai 53 yang artinya masih sangat membutuhkan bimbingan. Setelah diberikan intervensi pada siklus I nilai kemampuan pada anak autis terjadi peningkatan yaitu dengan nilai 67, meskipun telah mencapai kategori cukup akan tetapi belum mencapai target yang diharapkan. Pada hasil evaluasi siklus II nilai kemampuan menggosok gigi anak autis sudah mencapai target yang diharapkan dengan ketuntasan nilai 83 atau dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa VSM merupakan metode pembelajaran yang menjanjikan untuk meningkatkan keterampilan bina diri pada anak autis, khususnya dalam keterampilan menggosok gigi.*****This research aims to improve toothbrushing skills of autistic children at the early childhood education level through the Video Self-Modelling (VSM) method. VSM was chosen because it leverages the visual abilities of autistic children to enhance active participation and build self-confidence. The research subject was a 5 years old autistic child in a Kindergarten A in Jakarta, classified under Autism Spectrum Disorder level 1. The study was conducted in two cycles using the Classroom Action Research (CAR) approach based on the Kemmis and McTaggart model, which includes planning, action, observation, and reflection stages. Data collection techniques included observation, interviews, performance tests, and documentation. The study results showed that the implementation of VSM was effective in improving the child's ability to brush their teeth independently. Before the intervention, the child scored 53, indicating a strong need for guidance. After the first intervention cycle, the score increased to 67, which fell into the "fair" category but had not yet met the expected target. In the second evaluation cycle, the child's toothbrushing skills reached the expected target with a final score of 83, categorized as "good”. This study concludes that VSM is a promising teaching method for enhancing self-care skills in autistic children, particularly in improving their toothbrushing skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Siti Nuraini Purnamawati, M.Sp.Ed.; 2). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 27328 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:33 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |