UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS III SDN KELAPA DUA WETAN 02 JAKARTA TIMUR

JUNI KHALDA KOMALA, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS III SDN KELAPA DUA WETAN 02 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa melalui permainan tradisional pada siswa kelas III-B SDN Kelapa Dua Wetan 02 Jakarta Timur dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan rentang waktu bulan Oktober – November 2024 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kecerdasan interpersonal siswa yang diharapkan harus mencapai keberhasilan sebesar 81% dengan target ketuntasan sebesar 75% dari jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan peningkatan kecerdasan interpersonal setelah diterapkan permainan tradisional yang ditandai dengan kecerdasan interpersonal siswa pada siklus III. Kecerdasan interpersonal siswa pada siklus I meraih persentase sebesar 10,71%. Pada siklus II meningkat menjadi 35,71%. Pada siklus III kembali meningkat menjadi sebesar 82,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tradisional dapat diterapkan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa./ This study aims to enhance the interpersonal intelligence of third-grade students at SDN Kelapa Dua Wetan 02 East Jakarta through traditional games, involving 28 students. Conducted from October to November 2024, this research employs the Kemmis and McTaggart model, consisting of three cycles with four stages: planning, action, observation, and reflection. The targeted success rate for students' interpersonal intelligence is 81%, with a minimum mastery target of 75%. The results show significant improvement in interpersonal intelligence after applying traditional games, reaching 82.14% in the third cycle, up from 10.71% in the first cycle and 35.71% in the second. Therefore, traditional games can effectively enhance students' interpersonal intelligence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Julius Sagita, M.PD; 2). Imaningtyas, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Juni Khalda Komala .
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:40
Last Modified: 06 Mar 2025 01:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54637

Actions (login required)

View Item View Item