HANA SHALIHAH, . (2020) MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 12 BENDUNGAN HILIR JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (291kB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 5.pdf Download (208kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN - RIWAYAT HIDUP.pdf Download (3MB) |
Abstract
pada peserta didik kelas IV SDN Bendungan Hilir 12 Jakarta Pusat yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggungkan model penelitian kemmis dan McTaggart. Prosedur penelitan berupa siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I, telah didapatkan hasil kuesioner tanggung jawab peserta didik berjumlah 5 orang kategori Sangat Baik, dan 12 orang dengan kategori Baik atau dengan persentase 56,7%. Sedangkan pada pemantau tindakan guru adalah 77% dan pemantau peserta didik 71%. Maka, dapat disimpulkan bahwa siklus I masih belum tercapai tujuan penelitian. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil yaitu peserta didik yang memiliki tanggung jawab sebanyak 26 orang atau sebesar 86,7% dari 30 peserta didik. Dengan pembagian 12 orang memiliki tanggung jawab yang sangat baik, dan 14 orang memiliki tanggung jawab yang baik. Adapun hasil pemantau tindakan guru dan peserta didik pada siklus II adalah 86,7% dan peserta didik sebesar 88,9%. Hasil dari pemantau tindakan menunjukkan hasil yang sesuai dengan harapan peneliti. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dapat meningkatan tanggung jawab peserta didik dikelas IV SDN 12 Bendungan Hilir Jakarta Pusat. Classroom action research aims to increase responsibility for grade IV students of SDN Bendungan Hilir 12, Central Jakarta, totaling 30 people. This research uses the Kemmis and McTaggart research models. Research procedures in the form of cycles consisting of planning, implementation, observation, and reflection. In the first cycle, the results of the questionnaire have been obtained responsibility of students amounted to 5 people in the Very Good category, and 12 people in the Good category or with a percentage of 56.7%. Whereas the teacher's action monitor was 77% and the student monitor was 71%. So, it can be concluded that the first cycle of research has not yet been reached. In the second cycle there was an increase in the outcome of the students having 26 responsibilities or 86.7% of the 30 students. With the division of 12 people have very good responsibilities, and 14 people have good responsibilities. The results of monitoring the actions of teachers and students in the second cycle were 86.7% and students were 88.9%. The results of the action monitor show results that are in line with the researchers' expectations. These results indicate that the application of the Problem Based Learning model in Physical Education can increase the responsibilities of students in class IV SDN 12 Bendungan Hilir, Central Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Julius Sagita, M. Pd. ; 2) Dra. Siti Rohmi Yuliati, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1941 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 13:31 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 13:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5465 |
Actions (login required)
View Item |