ANGGRYNA FEBRYANTI EVITA, . (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAKAI BRA BAGI ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL SEDANG DENGAN METODE DRILL BERBASIS ORANG TUA DI SLB C ANGKASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.-1-14.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penyusunan program ini dalam penelitian “Meningkatkan Keterampilan Memakai Bra Bagi Anak Hambatan Intelektual Sedang Dengan Metode Drill Berbasis Orang Tua di SLB C Angkasa” adalah untuk meningkatkan dan memberikan latihan keterampilan kepada anak dalam memakai bra untuk menunjang kehidupan sehari-hari, serta mengetahui keberhasilan metode drill berbasis orang tua dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen subjek tunggal yang mengadopsi pola A-B-A. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan menggunakan metode statistik deskriptif dan hasilnya dipresentasikan dalam bentuk grafik. Data yang menjadi fokus analisis dalam penelitian ini adalah keterampilan memakai bra pada anak wanita dengan hambatan intelektual sedang di SLB C Angkasa, terkait dengan kondisi Fase 1 (A1), periode intervensi (B), dan kondisi Fase 2 (A2). Dapat diakui bahwa metode drill memiliki peran yang signifikan dalam memberikan keberhasilan pada intervensi untuk meningkatkan keterampilan memakai bra pada anak wanita dengan hambatan intelektual. Pendekatan ini tidak hanya membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan spesifik anak, tetapi juga memberikan panduan yang terstruktur untuk mengembangkan keterampilan yang diinginkan secara efektif. Oleh karena itu, penerapan metode drill dapat dianggap sebagai strategi yang berhasil dan dapat menjadi model bagi upaya pengembangan dalam meningkatkan keterampilan serupa pada populasi anak dengan hambatan intelektual di lingkungan pendidikan khusus. ***** The purpose of preparing this program in the research “Improving Bra Wearing Skills for Children with Moderate Intellectual Disabilities with Parent-Based Drill Method in SLB C Angkasa” is to improve and provide skill training to children in wearing bras to support daily life, as well as knowing the success of the parent-based drill method in this study. This research was conducted using a single subject experimental design that adopted the A-B-A pattern. After the data was collected, it was analyzed using descriptive statistical methods and the results were presented in graphical form. The data that is the focus of analysis in this study is the skill of wearing bras on female children with moderate intellectual disabilities in SLB C Angkasa, related to Fase 1 (A1) conditions, intervention period (B), and Fase 2 (A2) conditions. It can be recognized that the drill method has a significant role in providing success in the intervention to improve bra-wearing skills in female children with intellectual disabilities. This approach not only helps in identifying the specific needs of the child, but also provides a structured guide to develop the desired skills effectively. Therefore, the application of the drill method can be considered a successful strategy and can serve as a model for developmental efforts in improving similar skills in the intellectually disabled population.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Indra Jaya, M.Pd.; 2). Budi Santoso, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 27121 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:52 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54665 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |