PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUHAJIRIEN JAKAPERMAI KOTA BEKASI

NURYANI, . (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUHAJIRIEN JAKAPERMAI KOTA BEKASI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_TESIS_NURYANI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2. LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3. METODOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4. HASIL_PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5. PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6. KESIMPULAN DAN REKOMENDASI.pdf

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
LAMPIRAN (58)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirien Jakapermai, Kota Bekasi. Penelitian ini menemukan adanya kekurangan dalam keterampilan membaca pemahaman di antara siswa. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus spiral Kemmis dan McTaggart, penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan model CIRC. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus ke siklus peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I (67,27) ke siklus II (77,76) dan mencapai nilai rata-rata 83,2 pada siklus III, Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun, meskipun ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Keaktifan dan antusiasme siswa juga meningkat selama proses pembelajaran. Meskipun demikian, masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami bacaan. Implikasi dari penelitian ini adalah model CIRC dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Guru dapat mengadaptasi model ini dengan melakukan penyesuaian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk mencapai hasil yang optimal. ***** This study aims to improve the ability to read and write fifth-grade students in Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirien Jakapermai, Bekasi. The study found a deficiency in reading comprehension skills among students. To overcome this problem, the researchers applied the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model. This study was conducted in three cycles using classroom action research (PTK) with Kemmis and McTaggart's spiral cycle model. Each cycle involves planning, execution, observation, and reflection. The results showed a significant improvement in students ' reading comprehension skills after the application of the CIRC model. This can be seen from the increase in grade point average from cycle to cycle increasing grade point average from cycle I (67.27) to Cycle II (77.76) and reaching an average value of 83.2 in cycle III, the learning process carried out by teachers is by the learning implementation plan (RPP) that has been prepared, although some adjustments need to be made to improve the effectiveness of learning. The liveliness and enthusiasm of students also increase during the learning process. Nevertheless, there are still some students who have difficulty understanding reading. This study implies that the CIRC model can be an effective alternative to improve students ' reading comprehension skills. Teachers can adapt this model by adjusting the learning implementation plan to achieve optimal results.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, M.Si; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Nuryani .
Date Deposited: 05 Mar 2025 05:52
Last Modified: 05 Mar 2025 05:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54678

Actions (login required)

View Item View Item