AYU FITRI KHAIRUNNISA, . (2025) Pendidikan Sebagai Komoditas Kapitalisme (Analisis Semiotika Pada Film “The Thinning” dan “The Thinning: New World Order”). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (765kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
Abstract
Ayu Fitri Khairunnisa. Pendidikan sebagai Komoditas Kapitalisme (Analisis Semiotika pada Film “The Thinning” dan “The Thinning: New World Order”). Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini merupakan studi film yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran pendidikan sebagai komoditas kapitalisme yang terdapat dalam film "The Thinning" dan "The Thinning: New World Order". Serta menjabarkan makna semiotika dengan model Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam studi teks film. Objek penelitian ini adalah film "The Thinning" dan sekuelnya yaitu "The Thinning: New World Order. Waktu penelitian dilakukan dari bulan Juli 2023 sampai November 2024. Lokasi pengambilan data dilakukan melalui situs laman YouTube Premium. Peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan analisis teks media dengan mengidentifikasikan tanda dan simbol dari adegan-adegan yang berkaitan dengan rumusan masalah yang mengandung unsur komodifikasi pendidikan. Kemudian, data yang telah terkumpul di analisis menggunakan model semiotika Charles Sanders Peirce Berdasarkan temuan penelitian, film "The Thinning" dan "The Thinning: New World Order merepresentasikan pendidikan sebagai komoditas kapitalisme. Bentuk komodifikasi yang terjadi adalah komodifikasi pendidikan. Proses Komodifikasi terbentuk mulai dari normalisasi The Thinning sebagai proses penerimaan dan terbentuknya The Fight sebagai proses perlawanan terhadap komodifikasi yang terjadi dalam film. Selanjutnya hasil pembahasan dilakukan dengan menggunakan konsep komodifikasi oleh Karl Polanyi. Pendidikan yang seharusnya berfungsi untuk membentuk individu secara holistik dan mendukung pembangunan karakter serta kapasitas manusia, sering kali dipandang hanya sebagai sarana untuk mencapai tujuan ekonomi atau pasar tenaga kerja. Kata Kunci : Komodifikasi Pendidikan, Analisis Teks Media, Semiotika Charles Sanders Peirce. ABSTRACT Ayu Fitri Khairunnisa. Education as a Commodity of Capitalism (Semiotic Analysis of Films “The Thinning” And "The Thinning: New World Order”). Jakarta: Sociology Education Study Program, Faculty of Social Sciences and Law, Jakarta State University, 2025. This research is a film study aimed at describing the portrayal of education as a capitalist commodity in the films The Thinning and The Thinning: New World Order, as well as interpreting its semiotic meaning using Charles Sanders Peirce’s model. This study employs a qualitative approach in film text analysis. The research objects are The Thinning and its sequel, The Thinning: New World Order. The research was conducted from July 2023 to November 2024. Data collection was carried out through the YouTube Premium platform. The researcher gathered data using media text analysis by identifying signs and symbols in scenes related to the research problem, particularly those containing elements of educational commodification. The collected data was then analyzed using Charles Sanders Peirce’s semiotic model. Based on the research findings, The Thinning and The Thinning: New World Order represent education as a capitalist commodity. The primary form of commodification observed is educational commodification. This process unfolds in two key phases: the normalization of The Thinning as a means of public acceptance and the emergence of The Fight as a form of resistance against the commodification depicted in the films. The findings are further discussed using Karl Polanyi’s concept of commodification. Education, which should ideally serve to develop individuals holistically and support character building and human capacity, is often reduced to a mere instrument for achieving economic goals or meeting labor market demands.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Syaifudin, M.Kesos 2.) Achmad Siswanto, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Sosiologi Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 27413 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:15 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |