PEMANFAATAN MODUL MENDONGENG UNTUK PENINGKATANKINERJA GURU DI TK CENDANA TAMBUN SELATAN

SANIA RIZKA FANIDA, . (2020) PEMANFAATAN MODUL MENDONGENG UNTUK PENINGKATANKINERJA GURU DI TK CENDANA TAMBUN SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (438kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (376kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (489kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (884kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (960kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (997kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (887kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (779kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (808kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan modul mendongeng dalam meningkatkan kinerja guru di TK Cendana Tambun Selatan dengan memanfaatkan suatu produk berbentuk modul cetak yang dapat dipelajari secara mandiri serta menggunakan metode quasi eksperimen dengan memberikan treatment berbentuk pelatihan mendongeng. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pemanfaatan modul mendongeng dan pelatihan mendongeng berpengaruh terhadap kinerja guru yang telah mempelajari modul dan mengikuti pelatihan mendongeng. Hasil tersebut didapatkan melalui serangkaian kegiatan diantaranya tahap persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh informasi yang diperlukan penelitian ini yaitu : instrumen tes, skala penilaian keterampilan, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Guru dapat mempraktekkan kegiatan mendongeng di kelas dengan teknik mendongeng yang baik dan benar. 2) Anak didik lebih antusias saat guru membacakan dongeng. 3) Nilai pre test dan post test guru menunjukkan peningkatan yang berarti pemanfaatan modul mendongeng berpengaruh baik pada kinerja guru dari aspek pengetahuan dan keterampilan. 4) Hasil penilaian unjuk kerja mendongeng dari seluruh guru di TK Cendana Tambun Selatan memperoleh hasil rata-rata 3,65 dengan predikat sangat baik. Berarti seluruh indikator kompetensi mendongeng guru-guru di TK Cendana Tambun Selatan setelah mempelajari modul dan mengikuti pelatihan mendongeng sudah tercapai dengan sangat baik. This study aims to determine the effectiveness of the use of storytelling modules in improving teacher performance in Cendana Tambun Selatan Kindergarten by utilizing a printed module product that can be studied independently and using quasi-experimental methods by providing treatment in the form of storytelling training. The results of this study illustrate that the use of storytelling modules and storytelling training affects the performance of teachers who have studied the module and participated in storytelling training. The results were obtained through a series of activities including the preparation, implementation and follow-up stages. Data collection techniques to obtain information needed by this study, namely: test instruments, grading scale of skill, observation, and interviews. The results showed: 1) Teachers can practice storytelling activities in the classroom with good and correct storytelling techniques. 2) Students are more enthusiastic when teachers read fairy tales. 3) The pre test and post test scores of teachers showed a significant increase in the use of storytelling modules that had a good effect on teacher performance in terms of knowledge and skills. 4) The results of the storytelling performance of all teachers in Cendana Tambun Selatan Kindergarten obtained an average of 3.65 with a very good predicate. It means that all competency indicators of storytelling of teachers in Cendana Tambun Selatan Kindergarten after learning modules and participating in storytelling training have been very well achieved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. ; 2). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 1238 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2020 13:32
Last Modified: 19 Mar 2020 13:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5474

Actions (login required)

View Item View Item