PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS DI SMK NEGERI JAKARTA PUSAT

RAHMA DWI KHAMIDAH, . (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS DI SMK NEGERI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana motivasi belajar dan disiplin belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar pada siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan sebanyak 144 siswa di SMK Negeri Jakarta Pusat, dengan jumlah sampel yang menggunakan sampel jenuh yaitu sebanyak 144 siswa. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan skala likert. Pengelolaan dan menganalisis data menggunakan bantuan aplikasi program SPSS 26 dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, Uji T, Uji F, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) siswa karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian disiplin belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) siswa karena memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian secara simultan motivasi belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y) siswa karena memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis, diperoleh nilai R2 sebesar 0,575 atau prestasi belajar dapat dipengaruhi sebesar 57,5% oleh variabel motivasi belajar dan disiplin belajar.*****This study aims to analyze the extent to which learning motivation and learning discipline contribute to learning achievement in students. The method used is a quantitative approach. The population used was 144 students at SMK Negeri Central Jakarta, with the number of samples using saturated samples, namely 144 students. Data collection used questionnaires with a Likert scale. Managing and analyzing data using the SPSS 26 program application using validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, T test, F test, and coefficient of determination test. Based on the results of this research, it can be concluded that learning motivation (X1) has a positive and significant effect on students' learning achievement (Y) because the significance value is 0.000 < 0.05. Then learning discipline (X2) has a positive and significant effect on students' learning achievement (Y) because it has a significance value of 0.000 <0.05. Then simultaneously learning motivation (X1) and learning discipline (X2) have a significant effect on student learning achievement (Y) because they have a significance value of 0.000 < 0.05. From the results of the analysis, an R2 value of 0.575 or learning achievement can be influenced by 57.5% by the variables of learning motivation and learning discipline.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, M.M. ; 2). Suherdi, S.Pd., S.H., M.M.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 26344 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 22:57
Last Modified: 05 Mar 2025 22:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54781

Actions (login required)

View Item View Item