PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KENARI 07 PAGI JAKARTA PUSAT

DEBY SELA, . (2020) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KENARI 07 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - 1815163168.pdf

Download (216kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (393kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (561kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (659kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (776kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD Negeri Kenari 07 Pagi Jakarta Pusat melalui penerapan model circuit learning pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kenari 07 Pagi Jakarta Pusat pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kenari 07 Pagi dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, observasi, dan catatan lapangan. Untuk menguji validasi data, peneliti menggunakan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang sudah ditentukan oleh peneliti, yaitu 75% dari jumlah siswa kelas III mendapat skor ≤ 85 dalam hasil pengisian angket kecerdasan interpersonal, adapun hasil persentase yang diperoleh pada siklus I sebesar 57,68% dengan kata lain 15 siswa dari 26 mendapat skor ≤ 85, sedangkan untuk siklus II memperoleh persentase sebesar 73,07% atau sama dengan 19 siswa dari 26 mendapat skor ≤ 85. Sedangkan, untuk siklus III memperoleh persentase sebesar 80,76% atau sama dengan 21 siswa dari 26 mendapat skor ≤ 85. Untuk instrumen pemantau tindakan guru dan siswa yang diperoleh pada siklus I memperoleh persentase sebesar 71,25%, mengalami peningkatan pada siklus II mencapai persentase sebesar 81,25%, dan mengalami peningkatan pada siklus III mencapai persentase sebesar 83,75%. Hasil data penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model circuit learning dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD Negeri Kenari 07 Pagi Jakarta Pusat pada mata pelajaran PPKn. Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal, Model Circuit Learning INCREASING INTERPERSONAL INTELLIGENCE THROUGH CIRCUIT LEARNING MODEL ON PANCASILA AND CIVIC EDUCATION OF THIRD GRADE STUDENTS AT KENARI 07 ELEMENTARY SCHOOL (Class Action Research at Kenari 07 Elementary School, Central Jakarta) (2020) Deby Sela ABSTRACT This classroom action research aims to improve the interpersonal intelligence of third grade students at Kenari 07 Elementary School, Central Jakarta through the application of circuit learning model on pancasila and civic education. This research was conducted at Kenari 07 Elementary School, Central Jakarta, in even semester of 2019/2020 academic year. The subject of this study was third grade of Kenari 07 Elementary School with a total of 26 students. This classroom action research uses cyrcle model from Kemmis and McTaggart which consists of four stages, namely action, planning, action, observation and reflection. Data collection technique used documentation, questionnaires, observation, and field notes. To test the validity of data, researchers used triangulation of data sources. The results of this study are achievement of targets that have been determined by researches, namely 75% of the number of third grade students score ≥85 in the results of filling out the interpersonal intelligence questionnaire. The results of the percentage obtained in the first cyrcle obtained a percentage of 57,68% or 15 of 26 students obtained score of ≥85, for second cyrcle obtained a percentage of 73,07% or in other words 19 of 26 students obtained score of ≥85, while for third cyrcle obtained a percentage of 80,76% or in other words 21 of 26 students Kenari 07 got score ≥85. For percentage of the results pf monitoring instrument the action of teachers and students obtained in the first cyrcle obtained a percentage of 71,25% increased in the second cyrcle to reach a percentage 81,25%, increased in the third cyrcle to reach a percentage 83,75%. The results of this study indicate the application of circuit learning model can improve the interpersonal intelligence of third students of Kenari 07 Elementary School on Pancasila and civic education. Keywords: interpersonal intelligence, circuit learning model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1319 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 09:55
Last Modified: 10 Mar 2020 09:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item